Polres Bengkayang Gelar Jumat Curhat, Bahas Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

INDONESIAKINI.id| Bengkayang, Kalbar – Polres Bengkayang Polda Kalbar kembali menggelar kegiatan rutin Jumat Curhat yang kali ini mengangkat tema “Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Wilayah Kabupaten Bengkayang.”

Acara ini berlangsung pada Jumat (20/9/24) pagi, bertempat di Warung Bude Suryati, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi dan koordinasi antar instansi dalam mempersiapkan rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Bengkayang.

Kabagops Polres Bengkayang, AKP Rismanto Ginting, S.Sos., M.H., yang mewakili Kapolres Bengkayang, memimpin jalannya diskusi ini. Turut hadir dalam acara tersebut berbagai perwakilan dari instansi terkait, di antaranya Ketua PHBI Kabupaten Bengkayang yang diwakili Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Bengkayang, perwakilan Kemenag Kabupaten Bengkayang, perwakilan Dinas Perhubungan, Satpol PP, hingga Lurah Bumi Emas, serta organisasi keagamaan GP Ansor.

Dalam sambutannya, Kabagops menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang hadir dalam Jumat Curhat ini. Ia menekankan pentingnya sinergi antara Polres Bengkayang dengan instansi terkait guna menjaga kamtibmas selama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 16 September 2024.

“Kami ingin memastikan semua rangkaian acara Maulid Nabi berjalan dengan aman dan kondusif. Polres Bengkayang bersama instansi terkait siap untuk melakukan pengamanan, baik menjelang, saat, maupun setelah acara,” ujar AKP Rismanto.

H. Edwin Edi, S.E., dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan diisi dengan berbagai kegiatan dakwah islami di sejumlah masjid. Di antara masjid yang sudah mengonfirmasi jadwal acara adalah Masjid Jami Babussalam di Bengkayang pada Sabtu (21/9/2024), dengan penceramah K.H. Muhammad Syadzily, serta Masjid Al Kautsar di Desa Karimunting pada Jum’at (20/9/24) dengan penceramah Ustadzah Sartini.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Islam khususnya di Kabupaten Bengkayang,” ujar H. Edwin Edi.

Perwakilan dari Kemenag Kabupaten Bengkayang, H. Miftahurrohman, S.Ag., juga menambahkan pentingnya koordinasi antara berbagai pihak agar kegiatan Maulid Nabi dapat berjalan lancar dan aman.

Hal senada disampaikan oleh perwakilan Dinas Perhubungan, Alexander. H., yang menegaskan komitmen dinasnya untuk membantu pengamanan acara dengan cara sosialisasi dan himbauan.

Perwakilan Satpol PP, Lurah Bumi Emas, dan GP Ansor juga menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, dan siap membantu menjaga kondusifitas selama acara berlangsung.

Di akhir acara, Kabagops AKP Rismanto Ginting menyimpulkan bahwa kolaborasi dan koordinasi antara Polres Bengkayang dan berbagai instansi serta masyarakat sangat penting untuk memastikan kesuksesan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Konsep pengamanan yang dilaksanakan adalah keterpaduan dan kolaborasi dengan didorong kegiatan himbauan atau sosialisasi kamtibmas secara konvensional maupun dimedia sosial,” tutup Kabagops.(Robin/Rill)