BPS Kota Solok Mengadakan Forum Konsultasi Publik di Kelurahan Sinapa Piliang

Forum Konsultasi Publik yang digelar BPS Kota Solok, Jumat (5/5). Foto: Romi/IndonesiaKini.id

SOLOK (INDONESIAKINI.id) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solok mengadakan Forum Konsultasi Publik (FKP) pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) pada Jumat 5 Mei 2023, untuk pelaksanaanya kali ini bertempat di aula kantor Lurah Sinapa Piliang, Kecamatan Lubuk Sikarah yang dihadiri oleh tokoh komunitas wilayah setempat.

Lurah Sinapa Piliang yang sekaligus Fasilitator, Faumil Aulia SH mengatakan, pemerintah telah melakukan pendataan awal regsosek tahun 2022, yang dilaksanakan dari tanggal 15 Oktober sampai 14 November 2022 terhadap seluruh keluarga di Indonesia, yang bertujuan untuk mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

“Tujuan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) ini melibatkan tokoh komunitas di wilayah tersebut yang terdiri dari Ketua LPMK, Ketua RT, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Ketua TP PKK Kelurahan, serta Tokoh Masyarakat di Kelurahan Sinapa Piliang, secara bersama-sama memeriksa dan memverifikasi daftar keluarga hasil pendataan Regsosek tahun 2022,” ucap Lurah.

Selain itu Lurah Sinapa Piliang juga menyampaikan, FKP ini merupakan tahapan terakhir dari Regsosek, di sinilah akan dilakukan validasi data hasil pendataan Regsosek tahun 2022 untuk kemudian diputuskan secara musyawarah dalam forum.

“Data final hasil Forum Konsultasi Publik ini akan disampaikan Badan Pusat Statistik Kota Solok kepada BAPPENAS pada tahun 2023. Pemanfaatan data tersebut diserahkan sepenuhnya kepada BAPPENAS,” pungkasnya.

Reporter: Romi L