Hujan Deras di Kota Batu, Banjir Lumpur Terjang Dusun Beru

Petugas memberihkan sisa banjir di Dusun Beru, Kelurahan Bumiaji, Kota Batu, JUmat (8/12).

BATU, INDONESIAKINI.id – Banjir bercampur lumpur menerjang Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (8/12). Banjir meluap ke jalan dan memasuki peemukiman warga yang dekat Sungai Paron.

Banjir terjadi akibat hujan deras sejak pukul 13.30 WIB. “Curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air Sungai Paron naik,” kata Doddy Faturrachman, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu.

Saat bersamaan, sampah menyumbat bendungan sungai sehingga air meluap dan masuk ke permukiman warga. Air melewati jalan dari Sungai Paron sampai ke Jalan Beru.

Tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang tersebut. Banjir tersebut mengakibatkan jalan tergenang lumpur sehingga licin dan membahayakan bagi pengendara motor.

Banjir merendam beberapa rumah warga di Jalan Hasanuddin, Jalan Kastubi, Jalan Raya Sumbergondo, dan Jalan Raya Pandanrejo.

“Hujan dengan intensitas tinggi di Dusun Junggo mengakibatkan banjir di Desa Bumiaji. Luapan air meluber dan lumpur setebal 5 sentimeter menutup jalan,” kata Agung Sedayu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Batu.

BPBD Kota Batu merekomendasikan dinas terkait segera memberikan bantuan logistik untuk warga terdampak banjir. Rencannya dinas terkait juga akan melakukan normalisasi Sungai Paron dan saluran irigasi.

Saat ini banjir sudah mulai surut. Petugas gabungan langsung membersihkan lumpur dan sampah yang sempat terbawa banjir. Pembersihan dilakukan dengan cara manual dan menggunakan alat berat milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pemadam Kebakaran. (yit/put/hum)