Daerah  

Festival Literasi dan Pentas Seni-Talenta: Cara SMAN 3 Sumbar Beri Ruang Ekspresi dan Apresiasi Bagi Siswa

(INDONESIAKINI.id), Pasbar. Selasa (30/1) lapangan SMAN 3 Sumbar berbeda dari hari-hari biasa. Ada panggung, ada tenda dan tempat duduk penonton. Koridor-koriodor diisi meja stand aneka panganan, minuman dan produk lain yang dipajang para siswa.
Secara berurut acara dimulai dengan pembukaan, lagu Indonesia Raya, sambutan oleh ketua panitia sekaligus ketua OSIS, sambutan pembimbing OSIS, sambutan kepala sekolah, doa, dan penampilan para peserta anek lomba.
“Salah satu wujud dari gerakan literasi sekolah adalah dengan mengasah bakat dan prestasi siswa di bidang seni dan sastra. Festival Literasi (Feslit) dan Pentas Seni dan Talenta (Pesta) adalah wadahnya” sebut Ananda Mozard, ketua panitia dalam sambutannya.


“Mengembangkan bakat, minat, dan potensi siswa SMAN 3 Sumbar di bidang seni dan sastra. Itu salah satu tujuan agenda Feslit dan Pesta” penjelasan Helma Dyona,M.Pd, pembimbing OSIS.
“Semua rangkaian kegiatan Feslit dan Pesta merupakan satu upaya mewujudkan sekolah yang berkarakter dan berprestasi, sekolah perlu menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah” sambutan Drs.Firdaus, M.Pd kepala sekolah SMAN3 Sumbar dihadapan tamu dan undangan. Tampak hadir di tenda acara pengurus komite sekolah, wali siswa, perwakilan alumni, dewan guru, karyawan lainnya. “ Untuk pelaksanaan Feslit, ini tahunketiga. Sedangkan untuk Pesta ini edisi keempat, sejak sekolah ini berdiri tujuh tahun lalu. Tema yang diusung Feslit dan Pesta tahun 2024 yaitu: inspirasi mengalir, kreativitas berkarya, seni tanpa batas” sambung kepala sekolah.
Jenis kegiatan lomba untuk Pentas Seni Talenta (Pesta) antara lain : seni kriya, Monolog, Solo Song, Komik Digital, Desain Poster, Baca Puisi, Film Pendek. Sedangkan untuk festival literasi ada lomba tari kreasi, gitar solo, Mc, speech, story telling, olimpiade bahasa Jepang, cipta puisi, dan anime. Acara rutin sekali setahun ini bagian dari siasat sekolah untuk proses seleksi siswa yang akan mewakili sekolah dalam FLS2N. Sebagaimana biasanya, kegiatan ini digelar selama dua hari, yaitu 30-31 Januari 2024.
(Rz/Dn).