Saat Bersihkan Tambak, Warga Alue Bu Jalan Baroh Temukan Benda Yang Diduga Bom

Foto : Benda Temuan Warga Yang Diduga Bom/Polsek Peureulak Barat

ACEH TIMUR ( INDONESIAKINI.id) – Salah seorang warga desa Alue Bu Jalan Baroh, Kec. Peureulak Barat, Kab. Aceh Timur, Usman Ibrahim menemukan sebuah benda yang diduga Bom. Kamis (22 Februari 2023).

Penemuan benda yang diduga Bom itu saat Usman sedang membersihkan tambak miliknya yang berada di desa tersebut.

Sekretaris Desa Alue Bu Jalan Baroh Muhammad Efendi membenarkan bahwa warganya yang bernama Usman Ibrahim menemukan sebuah benda yang diduga bom di tambak miliknya sekitar pukul 09:00 WIB.

“Awalnya dia lagi membersihkan tambaknya, kemudian ia menemukan benda yang ia duga benda tersebut adalah bom,” ujarnya.

 

Sebagian dari benda tersebut ikut tertanam, Namun Usman melakukan penggalian menggunakan tangan secara manual, ternyata benda tersebut lebih panjang dari yang ia perkirakan. Baru Kemudian Usman mengangkat benda tersebut.

Setelah benda tersebut diangkat ke darat, ia segera melaporkan penemuan benda tersebut kepada perangkat desa.

Perangkat desa langsung melaporkan penemuan benda tersebut kepada pihak Koramil 15/Plkb dan Polsek Peureulak Barat.

Laporan dari perangkat desa terkait penemuan benda tersebut, Polsek Peureulak Barat Langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Setibanya disana, Kapolsek Peureulak Barat Ipda Surya Dharma, menerangkan bahwa benda tersebut memiliki panjang 97 cm dan berat 25 kilogram, benda tersebut berbentuk bulan dan panjang. Namun belum bisa dipastikan apakah itu benar bom atau hanya besi tua, apalagi kondisinya sudah berkarat lebat.

“Terkait Penemuan benda ini, Kita sedang menunggu tim yang sudah dihubungi oleh Kapolres untuk melakukan pengecekan dan kita tunggu hasilnya,” ujar Ipda Surya Dharma.

Saat ini benda tersebut masih berada di dekat tambak milik Usman, di desa Alue Bu Jalan Baroh, Kecamatan Peureulak Barat, Aceh Timur.

Pihak kepolisian sudah memasang police line di area penemuan benda tersebut agar warga tidak mendekat.