Mengintip Filosofi dan Makna Logo HUT ke-46 Taman Budaya Jatim

SURABAYA | Taman Budaya Jawa Timur mengenalkan logo spesial dalam rangka memperingati 46 tahun keberadaannya. Logo ini menggambarkan figur wayang, motif batik, dan manusia sebagai simbol kreativitas, kesenian, serta keberagaman budaya yang menjadi inti dari Taman Budaya.

Kepala UPT Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Ali Makruf menjelaskan, melalui logo ini, Taman Budaya ingin menyampaikan pesan bahwa tempat tersebut akan selalu menjadi wadah bagi kreativitas seni yang melibatkan manusia beserta ide dan karyanya.

“Dalam berbagai bentuk seni rupa, musik, tari dan teater, karya-karya ini diekspresikan untuk kemudian dipresiasi oleh masyarakat,” kata Ali, Kamis (9/5/2024).

Tema dari logo ini, lanjutnya, adalah “Inspire To Love Culture” (Menginspirasi untuk Mencintai Budaya), yang menegaskan pentingnya mendorong generasi muda mencintai dan menghargai warisan budaya.

“Budaya merupakan bagian dari jati diri bangsa, dan Taman Budaya berharap agar generasi muda semakin mencintai dan terlibat aktif dalam melestarikan budaya yang dimiliki,” tandasnya.

Ali menyebutkan, warna-warna yang digunakan dalam logo ini juga memiliki makna tersendiri, antara lain: Hijau melambangkan kesuburan dan pertumbuhan. Oranye melambangkan petualangan, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, dan ketenangan dalam hubungan. Biru menggambarkan pikiran dan perasaan yang tenang. Dan Kuning melambangkan kebahagiaan, optimisme dan pencerahan.

“Dengan logo ini, Taman Budaya Jawa Timur berharap dapat terus menjadi pusat inspirasi dan cinta terhadap budaya bagi masyarakat, serta menjaga keberagaman dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,” tutup Ali Makruf.

 

(nugi)