PT Dharma Lautan Utama Rayakan HUT ke-48, Menhub Usulkan DLU Buat Layanan Kapal Pesiar

SURABAYA | PT Dharma Lautan Utama (DLU) merespon baik usulan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, mengenai perlunya perusahaan lokal mempunyai kapal pesiar untuk melayani pariwisata Indonesia.

CEO dan penasehat utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS) menegaskan kesiapan perusahaannya, untuk merealisasikan wacana menhub dalam menyediakan layanan kapal pesiar. Sehingga warga Indonesia yang ingin pesiar tidak harus ke luar negeri.

“Tentu kami sambut keinginan baik pak Menhub. Apalagi potensi Indonesia ini luar biasa. Lautnya, daratannya, pantainya, dan lain-lain. Jadi ini memang ide yang bagus dari pak Menhub, untuk direalisasikan Indonesia,” ujarnya, disela acara HUT DLU ke-48 di hotel Bumi Surabaya. Jumat (17/5) malam.

BHS menambahkan, saat ini masyarakat banyak yang suka naik kapal sambil berwisata. Sementara, angkutan laut DLU sudah disesuaikan dengan kondisi kapal penumpang pariwisata.

“Saat ini masyarakat senang naik kapal, karena rasanya seperti naik kapal pesiar.. Jadi bukan hal sulit bagi kami, untuk merealisasikan ide pak Menhub,” terangnya.

Dia menegaskan, jika kapalnya sudah siap. Maka perlu diwujudkan konektivitas antara transportasi laut dan daratnya.

“Jadi saat turis turun dari kapal pesiar, harus sudah ada transportasi publik massal di darat, yang membawa mereka ke tempat-tempat wisata. Dengan begitu maka tarifnya lebih terjangkau. Dan siap bersaing dengan kompetitor dari luar negeri,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirut PT DLU Erwin H Poedjono menambahkan, pihaknya akan segera merealisasikan wacana Menhub tersebut.

“Kami ingin semuanya benar-benar siap. Sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, saat menghadiri HUT ke-48 PT DLU di Surabaya, Menhub Budi Karya Sumadi menginginkan agar ketika masyarakat Indonesia berlibur dengan kapal pesiar, tidak perlu ke Singapura atau Eropa.

“Kapal pesiar merupakan kebangaan bagi sebuah negara. Jika kita bisa merealisasikannya, di satu sisi bisa melayani masyarakat. Sekaligus memberikan nama baik bagi DLU,” ungkapnya.

Budi juga salut pada DLU, yang salama ini berdedikasi dalam memberikan layanan terbaik kepada penumpang kapal laut di Indonesia. “Semoga ini terus belanjut selamanya,” pungkasnya.

Dalam acara HUT DLU ke-48 ini, juga diberikan berbagai penghargaan pada mitra dan rekan kerja, yang diserahkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Direktur Utama PT DLU.

 

(nugi)