Pameran UKK, Siswa-siswi SD Al-Falah Surabaya Tampilkan Hasil Karya Inovatif & Kreatif 

SURABAYA | Puluhan siswa-siswi kelas 6 SD Al Falah Surabaya pamerkan hasil Unjuk Kerja dan Karya (UKK), sebagaimana pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala SD Al Falah Surabaya Ustadzah Yuni Wakhidah di Gedung baru milik Al Falah Surabaya, (30/05/2024) Kamis.

Sebelumnya, siswa-siswi tersebut juga mendapatkan bimbingan dari guru dan mengikuti ujian presentasi. Total ada 55 karya. Dimana tiap kelompok ada dua siswa. Di UKK kali ini juga dihadiri ratusan orang tua dan guru SD Al Falah. Menurut Kepala SD Al Falah Surabaya Ustdzah Yuni Wahida, kegiatan tersebut dimulai sejak Januari 2024.

Pembukaan kegiatan pameran UKK kelas 6 SD Al-Falah Surabaya ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala SD Al Falah Surabaya Ustadzah Yuni Wakhidah (kanan)

“Dimulai dari pemilihan tema, serta melakukan bimbingan dengan guru. Hingga dua minggu yang lalu, anak-anak melakukan presentasi di hadapan guru penguji dan orang tua. Dan hari ini merupakan puncaknya, dengan memamerkan proyek-proyek mereka”, ujarnya.

Ustadzha Ida menambahkan, UKK merupakan proyek karya siswa yang dibagi menjadi beberapa kategori, yakni teknologi produktif, wawasan sosial & budaya, hidup sehat & seimbang, daur ulang, dan budidaya.

Salah satu hasil karya siswi SD Al-Falah Surabaya dengan pamerkan inovasi kincir angin horizontal 

“Semua siswa kelas 6 dibagi menjadi 55 kelompok. Dimana tiap kelompok menampilkan karyanya masing-masing. Karena ada karya yang harus dibuat di rumah. Maka sekolah bersinergi dengan orang tua & wali siswa, agar karya anak-anak dapat terwujud”, ungkapnya.

Ustadzah Ida mengaku bersyukur, karena karya siswa pada tahun ini mengalami peningkatan dan ragamnya lebih bervariasi.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini anak-anak mampu bersikap dan bernalar kritis, terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya. Selain itu, juga mampu menumbuhkan perekonomian di sekitarnya. Serta bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya”, tutupnya.

 

(nugi)