Tim Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Dapat Pengalaman Berharga di Chicago

CHICAGO | Tim basket putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 menjalani serangkaian agenda padat dan berbobot selama hampir dua pekan di Chicago, Amerika Serikat. Selama perjalanan ini, mereka mendapatkan banyak pelajaran berharga dalam belajar, berlatih, dan bertanding di negeri asal olahraga basket ini.

Setibanya di Chicago pada Selasa, 17 Juli 2024, tim langsung memulai sesi latihan intensif bersama DaShaun “DT” Thomas, pelatih junior ternama asal Chicago. Latihan perdana yang berlangsung di North Lawndale Health Centre ini melibatkan 12 student-athlete putri dan dua pelatih yang mendampingi. Fokus latihan ini meliputi teknik fundamental basket, seperti upper body, lower body, shooting, 1on1, dan 2on2.

Sesi latihan ini juga menghadirkan kejutan spesial, di mana skuad putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 berkesempatan bertemu dan belajar langsung dari legenda WNBA, Linnae Harper.

Harper, peraih emas Piala Dunia FIBA 3×3 2023 di Wina, Austria, yang pernah membela Chicago Sky, Minnesota Lynx, dan Washington Mystics, memberikan tips dan saran tentang bagaimana membangun karir di dunia basket profesional, khususnya bagi perempuan.

Puncak dari rangkaian agenda tim putri adalah partisipasi dalam Nike Tournament of Champions, turnamen basket junior perempuan terbesar di Amerika Serikat. Turnamen ini berlangsung pada 19 hingga 22 Juli 2024 di McCormick Place Convention Centre, Chicago.

Kompetisi ini melibatkan lebih dari 400 tim dari 50 negara bagian Amerika Serikat dan provinsi di Kanada, serta berbagai program Nike EYBL dan sebagian besar program pembinaan basket terbaik di Amerika. Tim putri DBL Indonesia All-Star 2024 berkompetisi di kategori junior 17U.

McCormick Place Convention Centre, yang merupakan convention center terbesar di Amerika Utara dengan luas mencapai 2,4 juta meter persegi, diubah menjadi lautan lapangan basket berjenis maple court untuk turnamen ini. Pada tahun 2024, terdapat total 60 lapangan basket yang digunakan untuk pertandingan Nike Tournament of Champions.

Selama turnamen, tim putri DBL Indonesia All-Star 2024 melakoni enam pertandingan dalam grup 17U New York A. Mereka menghadapi lima tim dari grup yang sama dan satu tim dari grup lain.

New York A terdiri dari GRIT 17U Respect Colorado, EOSC (Ohio), Just Play Elite 17U United (Texas), Exodus NYC Elite (New York), MO Phenom StL Truck (Missouri), dan DBL Indonesia All-Star 2024 (Indonesia). Pada pertandingan terakhir, mereka menghadapi Mountain West Premier 17U dari Grup B.

Setelah menelan lima kekalahan, skuad putri DBL Indonesia All-Star 2024 menutup partisipasi mereka di Nike Tournament of Champions pada Senin, 22 Juli 2024 dengan kemenangan.

Mereka berhasil mengalahkan Mountain West Premier 17U dengan skor 43-33. Carlene Orell Gunawan, salah satu pemain dari UPH College Tangerang, mengungkapkan, “Game terakhir seru banget, semua orang enjoy, jadinya ya good game lah, semua orang bisa menikmati permainan terakhir. Terpenting, kami banyak belajar banyak hal dari turnamen ini.”

Selain pemain, para pelatih juga mendapatkan manfaat dari partisipasi dalam Nike Tournament of Champions. Acara ini mengharuskan pelatih untuk memperbarui lisensi pelatihan basket yang disetujui oleh National Collegiate Athletic Association (NCAA). Coach Risdianto Roeslan dan asistennya, Bisma Sabda, mengikuti kursus lisensi tersebut secara online sebelum turnamen. Keduanya berhasil lulus dan mendapatkan lisensi yang disyaratkan oleh penyelenggara TOC.

Setelah turnamen, tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 masih memiliki beberapa agenda lainnya di Chicago, termasuk berlatih dengan Micah Lancester dan menyaksikan pertandingan MLB.

Agenda ini akan dijalani bersama tim putra, yang baru saja bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 23 Juli 2024 dini hari. Tim putra harus menempuh penerbangan total selama 23 jam, termasuk transit, sebelum tiba di Chicago. Mereka akan mengikuti National Summer Classic setelah tiba di Chicago.

Tentang Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 

Kopi Good Day DBL All-Star 2024 adalah skuad elite yang terpilih melalui program Kopi Good Day DBL Camp 2024, pusat pelatihan basket pelajar terbesar dan terbaik di Indonesia.

Program ini menyaring pemain terbaik dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 yang digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya sejak 2010, DBL Indonesia memilih student-athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp dan mengirim mereka ke Amerika Serikat untuk belajar, berlatih, dan bertanding.

 

(nugi)