JAKARTA | Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), terjadi peningkatan jumlah pelaku usaha kosmetik dari 819 pada 2021 menjadi 913 pada 2022, setara dengan pertumbuhan sebesar 20,6% pada 2022.
Selanjutnya, pada 2023, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di 2022 menjadi 1.010 perusahaan. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjabarkan bahwa industri kosmetik tumbuh 43,11% pada periode 2020–2023. “Itu menyumbang 6,8% PDB (Produk Domestik Bruto) industri sektor pengolahan setelah industri makanan sebesar 17,2%,” ujarnya.
Melihat hal tersebut, Krista Exhibitions sebagai penyelenggara pameran internasional dalam industri kecantikan, yaitu IndoBeauty Expo 2024, akan diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2024 di Hall C1 dan C2 Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.
Pada pameran kali ini, akan menghadirkan 170 perusahaan di bidang kosmetik, perawatan kulit, produk wewangian dan rambut, peralatan dan teknologi pengemasan yang berasal dari lebih dari 12 negara, di antaranya – New Zealand, UAE, China, South Korea, Philippines, Thailand, Malaysia, Singapore, Japan, India, Indonesia, dan Taiwan.
Krista Exhibitions juga menampilkan lebih dari 30 perusahaan perintis (start-up) dalam negeri atau perusahaan lokal yang memamerkan produk-produk kecantikan yang sesuai dengan permintaan potensi pasar domestik dan diharapkan dapat tembus pasar internasional.
Daud D Salim selaku Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions saat memberikan sambutannya di konferensi pers mengatakan, “Industri kecantikan terus berkembang ke arah positif di setiap tahunnya. Pameran IndoBeauty Expo 2024 yang telah diselenggarakan ke-14 kalinya mengalami kenaikan jumlah peserta sekitar 30% dari tahun lalu. Krista Exhibitions optimis melalui pameran ini dapat mendorong pengembangan industri kosmetik dalam negeri agar mampu berdaya saing di pasar global dan melalui pameran ini juga dapat memberikan informasi kepada pengusaha di bidang kecantikan untuk mendapatkan inovasi teknologi maupun produk terbaru bagi wanita, pria, anak-anak bahkan balita,” kata Daud D Salim.
Daud D Salim menjelaskan bahwa “IndoBeauty Expo 2024 hadir sebagai platform terlengkap untuk menjawab permintaan pasar dalam negeri yang cukup besar dan saat ini banyak perusahaan kosmetik Indonesia yang hadir untuk memenuhi perkembangan permintaan masyarakat dengan memproduksi berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang berkualitas. Pameran ini menargetkan 12.000 pengunjung akan hadir dalam tiga hari pameran ini,” jelas Daud D Salim.
Dalam pameran ini ditampilkan berbagai kategori produk dan peralatan di bidang kecantikan dan kesehatan, yaitu Brand Skin Care atau Perawatan Kulit, Brand Color Cosmetic atau Make up, Brand Parfum, Manufacture atau Pabrik Skin Care, Perawatan Kulit, Pabrik Color Cosmetic, Hair Care Device atau Perawatan Rambut, Aesthetic, Spa dan Wellness Clinic, Dermatology Device, Alat dan Mesin untuk Klinik Kecantikan, Packaging atau Pengemasan Produk, Trading & Import Consultant, dan Inkjet Printing Technology.
Pameran ini juga bersifat edukatif dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara seperti seminar, talkshow dan demo kecantikan maupun skincare di industri kosmetika yang menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri di antaranya Talk Show dokter dari DermatoVen dengan tema “Waspada Bahaya Kanker Kulit”, Evolusi Herbal dengan tema “Generasi Muda Anti Jompo”, Neo Kosmetika dengan tema “Industri Apa Cuma BPOM?”, VERSI dengan tema “Personal Color & Style”, Sukma Skin Treatment dengan tema “Mengenal Skin Care, Bahan-bahan Berbahaya yang Belum Diketahui Masyarakat, dan Cara Mendeteksinya” dan masih banyak acara yang dapat diikuti oleh pengunjung.
Daud D Salim menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian R.I., Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik (PPAK) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI), dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) sehingga pameran bisa terselenggara.
IndoBeauty Expo 2024 terbuka bagi para pelaku bisnis kecantikan dan yang tertarik untuk masuk menggeluti sektor kecantikan serta masyarakat umum. Pameran dibuka dari hari Rabu sampai Jumat mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Pengunjung yang berusia di bawah 14 tahun tidak diperkenankan untuk masuk ke area pameran.
Para pengunjung dapat melakukan registrasi online melalui link [https://register.kristaonline.com/visitor/indobeautyexpo](https://register.kristaonline.com/visitor/indobeautyexpo) atau secara langsung di lokasi pameran dengan membawa undangan yang telah dikirimkan oleh pihak Krista Exhibitions.
(nugi)