Sevima Luncurkan Fitur AI untuk Perguruan Tinggi Hadapi Tantangan Gen-Z

SURABAYA | Perguruan tinggi saat ini berada di persimpangan jalan. Jika tidak beradaptasi, mereka akan ditinggalkan oleh Gen-Z sebagai calon mahasiswa. Fenomena ini telah terjadi di banyak kampus negeri dan swasta di Indonesia, yang mengalami kekurangan pendaftar.

Hal ini diungkapkan oleh Sugianto Halim, M.M.T., CEO SEVIMA, dalam Executive Forum SEVIMA yang dihadiri ratusan rektor dan ketua yayasan dari seluruh Indonesia.

Untuk mengantisipasi perubahan cara belajar Gen-Z di bangku perguruan tinggi, SEVIMA, sebagai perusahaan teknologi pendidikan (Edutech) yang menyediakan fasilitas digitalisasi kampus kepada lebih dari 1.200 kampus se-Indonesia, meluncurkan tiga modul terbaru: Edlink for Business, Presensi Berbasis AI, dan Fitur SPMI.

“Sebagai perusahaan yang bergerak melayani kebutuhan TIK perguruan tinggi, SEVIMA telah cukup lama mengamati sekaligus mempelajari kebutuhan perguruan tinggi dalam mempertahankan keberadaan mahasiswa di sebuah lembaga pendidikan tinggi. Oleh karenanya, kami mencoba memberikan alternatif jalan keluar untuk tetap mempertahankan para mahasiswa melalui tiga fitur terbaru ini. Agar kampus sukses memfasilitasi Gen-Z yang memang mengalami pergeseran dalam cara belajar dan menuntut ilmu,” kata Halim di Ballroom Santika Gubeng Surabaya, Kamis, 1 Agustus 2024.

Tiga Fitur Pembelajaran Berbasis AI di SEVIMA Platform

Menurut Halim, pengembangan layanan berbasis AI ini sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Fitur pertama, EdLink For Business, adalah pengembangan dari Learning Management System (LMS) EdLink yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengoordinasi proses pelatihan karyawan baru, peningkatan dan pengembangan karyawan, serta program pelatihan dan sertifikasi karyawan maupun masyarakat. Fitur ini penting karena pembelajaran tidak hanya selesai ketika mahasiswa lulus, tetapi juga sepanjang hayat.

“Dengan pengalaman selama 21 tahun dan sudah terbukti digunakan oleh lebih dari 1200 perguruan tinggi di Indonesia, SEVIMA EdLink for Business akan menjadi solusi pembelajaran life long learning. Memastikan sumber daya manusia perusahaan berkembang selaras dengan perkembangan bisnis,” ucapnya.

Fitur kedua adalah Presensi Berbasis AI. Teknologi terbaru ini meningkatkan kecepatan dan ketepatan presensi dengan mencocokkan wajah mahasiswa dengan data yang ada di database. Jadi mahasiswa dan dosen tidak perlu repot mengelola presensi dengan tanda tangan manual atau input data di suatu website. Cukup scan wajah, maka telah terdeteksi hadir suatu perkuliahan.

Fitur ketiga, SPMI, diluncurkan SEVIMA untuk memudahkan perguruan tinggi dalam melaksanakan dan memantau siklus kegiatan SPMI. Tersedia panduan empat dokumen penjaminan mutu, integrasi dengan sistem informasi akademik, dukungan evaluasi untuk kegiatan audit mutu internal, dan fitur laporan implementasi SPMI untuk kebutuhan pelaporan ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

“Dengan demikian, SEVIMA Platform kami harapkan dapat hadir sebagai solusi berbasis layanan siap untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan yang ada di Indonesia,” ungkap Halim.

Harapan atas Peluncuran Fitur Berbasis AI

Dr. Budi Djatmiko mengapresiasi Executive Forum SEVIMA yang bertajuk “Strategi Sukses Memastikan Keberlanjutan dan Pengembangan Kampus serta Yayasan Pendidikan”. Menurutnya, peluncuran fitur berbasis AI ini penting karena umumnya Gen-Z tidak bisa menunggu berlama-lama untuk mendapatkan sesuatu, mereka cepat berubah baik keinginan dan cita-citanya. Ada pergeseran yang terjadi pada Gen-Z, sebagian besar dari mereka berpikir.

“Kecenderungan mahasiswa yang mudah bosan itu perlu ditangkap oleh kampus, seperti mahasiswa bisa mengikuti berbagai kursus bersertifikat yang disiapkan kampus sambil kuliah. Hasilnya sertifikat itu, jika memang mereka merasa bosan untuk melanjutkan kuliah, bisa untuk mencari pekerjaan atau berwirausaha. Jadi mereka bisa tetap bertahan di kampus,” kata Budi Djatmiko.

Ke depan, katanya menambahkan, perguruan tinggi memang tidak harus mengandalkan hanya pada banyaknya jumlah mahasiswa yang tercatat sedang kuliah, tapi juga harus mencari terobosan baru dengan memberikan peluang kursus-kursus bersertifikat yang disiapkan kampus, dan kerjasama dengan industri.

“Ini untuk mengantisipasi cara belajar Gen-Z yang cepat bosan dan tidak sabaran. Harapannya melalui berbagai tawaran itu, mahasiswa mengurungkan niatnya untuk meninggalkan kampus, sehingga bisa memberikan pemasukan baru bagi kampus, serta meningkatkan skill. Karena lulusan perguruan tinggi saat memasuki dunia kerja yang ditanya memiliki kompetensi apa, bisa melakukan apa, bukan lagi lulusan dari program studi apa,” pungkas Budi Djatmiko.

 

(nugi)