PLN All-Out Hadirkan Listrik Hijau 100% untuk HUT RI ke-79 di IKN

PASER | PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik 100 persen dari energi hijau pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 yang akan berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus mendatang.

PLN berkomitmen mendukung pembangunan kelistrikan IKN dengan konsep _green, smart & beautiful_, sejalan dengan visi menjadikan IKN sebagai kota hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan bahwa upacara HUT RI ke-79 adalah momen bersejarah bagi Indonesia. Untuk itu, PLN akan memberikan dukungan penuh melalui pasokan listrik andal yang bersumber dari energi hijau.

“PLN siap _all-out_ dalam menghadirkan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Ini adalah wujud komitmen PLN untuk mendukung IKN sebagai kota masa depan yang berkelanjutan,” ujar Darmawan.

Darmawan juga menjelaskan bahwa keandalan suplai listrik hijau ini didukung oleh produksi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang kini mencapai kapasitas 10 Megawatt (MW). Kapasitas ini jauh lebih besar dari proyeksi kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI, yang diperkirakan hanya sekitar 1,5 MW. Selain itu, kapasitas produksi tersebut akan terus ditingkatkan hingga mencapai 50 MW pada akhir tahun 2024.

Ketersediaan pasokan listrik ini didukung oleh pengoperasian gardu induk berteknologi _Gas Insulated Switchgear_ (GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2×60 Mega Volt Amphere (MVA). PLN juga telah menyelesaikan pembangunan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr).

“PLN telah menyelesaikan pembangunan gardu induk berteknologi GIS 4 IKN, yang akan mendukung keandalan kelistrikan di IKN. Gardu induk ini tidak hanya memenuhi kebutuhan perayaan HUT RI ke-79, tetapi juga memastikan ketersediaan listrik jangka panjang di IKN,” lanjut Darmawan.

Di sisi distribusi, PLN membangun jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit (kms) yang didukung oleh Gardu Hubung dan Gardu Distribusi. PLN terus menggenjot pembangunan jaringan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Darmawan memastikan bahwa PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan berlapis di _venue_ utama dan pendukung upacara, sehingga pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 dapat berjalan lancar tanpa kendala.

“Dengan persiapan matang dan komitmen tinggi, PLN memastikan bahwa jaringan kelistrikan di IKN akan siap mendukung berbagai kebutuhan, baik untuk perayaan penting maupun untuk masa depan,” tutup Darmawan.

 

(nugi)