Lewat PLN Peduli, UMK Binaan Rumah BUMN Meriahkan Karya Nyata Festival

BATU | PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur ajak 10 Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan Rumah BUMN Blitar dan Pacitan untuk berpartisipasi pada kegiatan Karya Nyata Festival. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian BUMN melalui Rumah BUMN Jawa Timur di Balai Kota Among Tani Kota Batu pada Sabtu dan Minggu, 31 Agustus – 1 September 2024. Karya Nyata Festival diselenggarakan sebagai wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya dan memperluas pasar.

Keikutsertaan Rumah BUMN seluruh Jawa Timur melalui kolaborasi antar BUMN ini melibatkan 125 UMK binaan. Mereka berkesempatan mempromosikan produk UMK binaan yang mengusung produk fashion serta makanan dan minuman.

Salah satu pemilik UMK asal Pacitan, Dwi Puji Astuti menyebutkan bahwa kesempatan mengikuti kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan usahanya. “Dari pameran ini, semakin banyak yang tahu tentang produk saya jadi ke depan penjualannya bisa lebih luas lagi,” ujarnya.

Selama kegiatan berlangsung, seluruh UMK binaan PLN berhasil menjual ratusan produk. “Selama di sini, penjualan selalu ada. Dari PLN juga memberikan promo khusus bagi pembeli sehingga antusias pembeli juga tinggi,” ujar Puji.

Suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini mendorong semangat para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha dan terus meningkatkan daya saing produknya.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo menyebutkan bahwa Karya Nyata Festival ini tidak hanya menjadi ajang promosi, tapi juga apresiasi bagi para pelaku UMKM binaan PLN. “Para pelaku UMKM telah aktif dalam kegiatan pembinaan pada Rumah BUMN binaan PLN, secara produk, tampilan, dan legalitas juga terus berkembang,” ujarnya.

Tidak hanya melalui kesempatan mengikuti kegiatan sejenis, para pelaku UMKM binaan Rumah BUMN PLN juga memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Marketplace PLN yang dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile. “Kesempatan kami buka untuk semua UMKM binaan, kami harap semua punya semangat untuk berkembang dan naik kelas khususnya dengan bergabung dalam Marketplace PLN,” tutup Agus.

Staf Khusus III Mentri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga turut hadir memberikan apresiasi sebagai wujud komitmen dalam mensupport pengembangan UMKM dan pemberdayaan masyarakat.