Sambut Mahasiswa Asing, UNAIR Gelar International Student Reception 2024

SURABAYA | Sebagai wujud realisasi World Class University, Universitas Airlangga (UNAIR) kerap menerima mahasiswa Internasional dari berbagai negara. Dalam rangka menyambut dan memberi orientasi terhadap mahasiswa asing yang berkunjung maupun studi di Universitas Airlangga, Airlangga Global Engagement (AGE) menggelar kegiatan International Student Reception 2024.

Kegiatan itu berlangsung di Hall Garuda Mukti, Gedung Kantor Manajemen lantai 5, Kampus MERR-C, Universitas Airlangga, pada Selasa (3/9/2024). Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA DVM. Prof Bambang menyampaikan rasa bangganya terhadap mahasiswa Internasional yang datang belajar di UNAIR.

“Hari ini akan menjadi awal perjalanan yang menyenangkan, tidak hanya bagi mahasiswa Internasional yang datang dan belajar di UNAIR, tetapi juga bagi kami, selaku universitas. Saya mengucapkan selamat datang kepada kalian semua, dan kami akan sangat senang menyambut berbagai macam karya dan hasil belajar kalian di UNAIR,” sambutnya.

Pelajari Etika Integritas Belajar

Sebagai bentuk orientasi, Dosen Keperawatan UNAIR Nuzul Qur’aniati SKep Ns MNg PhD menyampaikan beberapa materi mengenai etika integritas belajar. Nuzul menerangkan bahwa integritas akademik memiliki enam point of value, yakni Honesty, Trust, Fairness, Respect, Responsibility, dan Courage.

Nuzul juga menyampaikan bahwa disintegrasi dapat muncul dalam dunia akademik karena berbagai hal. Misalnya, kemampuan manajemen waktu yang buruk, tekanan tinggi, merasa stress, dan kurangnya motivasi. Untuk mengatasi berbagai masalah itu, Nuzul juga memberikan beberapa cara dan solusi.

“Meskipun tidak ada one-size-fit-all untuk meningkatkan integritas, melakukan beberapa hal sederhana ini dapat memaksimalkannya, diantaranya dengan memahami bagaimana kultur integritas akademis penting untuk mencapai tujuan dan visi misi kita, kemudian dengan berusaha selalu konsisten dalam dunia akademik,” ungkapnya.

Perkenalkan Budaya Indonesia

Dalam kegiatan itu, hadir puluhan mahasiswa internasional dari berbagai negara, seperti Canada, China, Malaysia, India, Kamboja, Thailand, dan lain sebagainya. Mereka adalah mahasiswa yang mengikuti program-program internasional yang ada di UNAIR, seperti program Exchange Inbound AMERTA, Air Venture, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menyambut, kegiatan ini juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa internasional untuk memperluas koneksi dan bertukar budaya. Dalam acara ini, UKM UNAIR menampilkan berbagai macam seni budaya khas Indonesia. Diantaranya, Tari Saman Ratoh Jaroe dan pertunjukan Tapak Suci.

Mahasiswa asal Malaysia, Hani menyampaikan rasa senang dan semangatnya untuk menjalani pembelajaran di UNAIR. “Ini merupakan kunjungan ketiga saya ke Surabaya, dan pertama kali saya ke UNAIR. Saya senang bisa datang lagi ke UNAIR, karena Surabaya memberikan kesan homey bagi saya,” ungkapnya.