Puslitbang Polri Teliti Proses Rekrutmen di Polda Jatim: Tingkatkan Kualitas SDM Polri

SURABAYA | Polda Jatim menjadi salah satu dari 11 Polda yang menjadi lokasi penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri.

Penelitian ini mengusung tema “Evaluasi Website dan Peralatan yang Digunakan pada Rekrutmen Anggota Polri dalam Rangka Mewujudkan SDM Polri yang Unggul.”

Waka Polrestabes Surabaya, AKBP Wimboko, menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi website resmi Polri serta peralatan yang digunakan dalam proses rekrutmen, termasuk tes kesehatan, psikologi, akademik, dan jasmani.

Evaluasi ini bertujuan memastikan bahwa rekrutmen berjalan sesuai prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis) dan menghasilkan SDM Polri yang unggul, handal, dan profesional.

Penelitian ini dilakukan mulai 30 September hingga 1 Oktober 2024, menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner online, wawancara mendalam, dan observasi langsung terhadap peralatan serta website di Satker Polda Jatim dan Polres jajaran.

Dalam kegiatan ini, hadir Kombes Pol Syahrial yang didampingi Pembina Tk. I Ahmad Munif dan AKP Annisaa Yusuf, bersama konsultan Dr. Drs. Suryadi.

Mereka memastikan bahwa penelitian ini dapat memberikan rekomendasi guna meningkatkan kualitas proses rekrutmen anggota Polri di masa mendatang.

Diharapkan, hasil evaluasi ini akan membantu Polri dalam terus meningkatkan kualitas SDM yang siap menghadapi berbagai tantangan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.