Hari Batik Nasional di Whiz Luxe Hotel Surabaya ber-Kolaborasi dengan Komunitas Disabilitas & Lomba Fotografi

SURABAYA | Masih momentum Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober di Indonesia. Hari Batik merupakan momen untuk merayakan dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Biasanya, banyak orang akan mengenakan batik pada hari tersebut dan berbagai kegiatan lainnya mulai dari pameran batik, pertunjukan seni hingga seminar ataupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan batik.

Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya turut merayakan hari batik Nasional 2024 dengan berbagai rangkaian acara pada 2 Oktober 2024, mulai dari kegiatan mencanting kain batik yang berkolaborasi dengan Aora Wistara Dharma, komunitas batik Surabaya yang beranggotakan anak-anak disabilitas baik dalam pembuatan batik, menjahit busana batik hingga peragaan fashion show.

Demo mencanting kain batik dilakukan dari pukul 10 pagi hingga 4 sore di area loby hotel yang terletak di lantai 16. Banyak tamu menginap yang tertarik dan beberapa bergabung untuk belajar mencanting kain berpola batik bersama.

Puncak acara dimulai dengan fashion show dari model binaan Aora Wistara Dharma yaitu Rendi dan Ulin. Rendi memiliki keistimewaan autisme dan Ulin memiliki keistimewaan tuna wicara dan tuna rungu.

Namun keduanya terlihat sangat professional memperagakan busana batik di area lobby hingga membuat para tamu kagum dengan penampilan mereka. Yosie selaku owner dari Aora Wistara Dharma mengatakan anak-anak disabilitas dengan berbagai keistimewaan diberikan pelatihan sesuai bakat dan minat mereka.

“Seperti modelling, menjahit, seni dan banyak lagi lainnya, agar memiliki kemampuan yang baik, berani tampil dan siap memasuki dunia kerja kedepannya,”ungkapnya, Senin (07/10/2024)

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan lomba fotografi hari Batik yang diikuti 10 fotografer Surabaya. Mereka memfoto 2 model yang menggunakan busana batik di area lobby hotel yang nantinya karya nya akan diposting di sosial media mereka dan akan dipilih 3 karya terbaik yang akan mendapatkan hadiah spesial.

Camelia Ayu Rahmawati sebagai Marketing Communications Manager Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya mengatakan selalu berkomitmen untuk mengadakan acara dalam berbagai perayaan hari Nasional, salah satunya adalah hari Batik Nasional.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan fasilitas tambahan seperti dapat bergabung merayakan hari Batik Nasional bersama dan mendapatkan edukasi mengenai cara mencanting di kain batik yang diharapkan bisa menambah rasa bangga dan cinta dengan berbagai kebudayaan dan warisan bangsa ini, khususnya kain batik,”ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari DPW Matra Jawa Timur yaitu komunitas Masyarakat Adat Nusantara Jawa Timur yang turut memberikan edukasi mengenai kebudayaan batik di masa sekarang kepada tamu hotel, berbagai komunitas dan fotografer di Surabaya.