Viral, Polisi Aceh Timur Lepas Tembakan ke Sungai, Remaja Tenggelam Disebut Ulah Jin

Foto: (Screenshot video akun Tiktok @t_rill00)

ACEH TIMUR (INDONESIAKINI.id) – Disebut gara-gara ulah jin, proses pencarian remaja bernama M Yusuf Karjawi (17) yang tenggelam di Sungai Peureulak di Dusun Gabungan, Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur ini viral.

Video tersebut viral salah satunya petugas kepolisian melepas tembakan ke dalam sungai. Menurut kepercayaan lokal bahwa, ada kaitannya dengan makhluk supranatural seperti jin yang menyembunyikan jenazah korban dibawah air.

Video itu berdurasi 26 detik dan telah ditonton sebanyak 11 juta kali tayangan yang diunggah di platform media sosial Tiktok, oleh pengguna @t_rill00, pada Senin 5 Januari 2024.

Pengunggah menulis keterangan, “seorang polisi menembak ke dalam sungai agar korban yg hilang satu hari satu malam biar cepat di kembalikan ke tempat yg hilang anak tersebut”.

“Setalah di tembak 7 kali,di baca yasin 1 kali tidak lama kemudian terapung korban tersebut di lihat oleh semua org,sekarang korban sudah di bawa pulang ke rumah”.

Dari video tersebut, ramai netizen berasumsi bahwa polisi melakukan tembakan ke dalam sungai karena korban yang tenggelam tersebut disembunyikan oleh hantu Balum Bili.

“Pernah tinggal di Aceh dengar cerita tentang hantu Balum Bili, katanya takut dengan suara senapan,” komentar akun Rivlppa3, dikutip Infoacehtimur.com, Selasa (6/2/2024).

“Jadi Pelurunya itu udh didoain guys, ditembakin itu, buat buka portalnya. Biar orang yang hilang itu bisa muncul di dunia fana lagi. Karna warga berasumsi mitos hantu ini terkenal di Aceh,” komen Sayang.

Konon katanya, mitos hantu ini adalah sosok jelmaan hantu air yang kadang muncul dengan bentuk yang sering berubah-ubah agar bisa menipu pandangan manusia. Secara turun-temurun, masyarakat Aceh juga percaya hantu ini dapat berbentuk seperti kelambu.

Ada juga yang mengatakan, sosok tak kasat mata ini bisa muncul seperti gulungan tikar yang akan memangsa manusia, menggulung hingga menarik manusia ke dasar sungai.

Selain itu, ada juga saksi bercerita bahwa hantu ini bisa merubah sosoknya menjadi potongan kayu yang akan menipu korbannya padahal itu hanyalah tipuan semata.

Hantu Balum Bili merupakan salah satu cerita misteri di masyarakat Aceh yang sering muncul di sungai untuk memakan tumbal.

Hantu ini sering terdengar muncul di Krueng Arakundo, salah satu sungai di wilayah Aceh Timur dan sungai Krueng Tingkeum, aliran sungai yang berada di Bireuen, Aceh. Menurut warga sekitar, sungai Krueng Tingkeum setiap tahunnya seringkali memakan korban.

Hingga artikel ini ditayangkan, netizen masih berasumsi di video polisi di Aceh Timur lepas tembakan ke dalam sungai tersebut.

Via : infoacehtimur.com