Dahlan Iskan Beri Pesan & Motivasi di Wisudawan SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

SURABAYA | Kehadiran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014, Prof Dr Dahlan Iskan mendapat sambutan meriah ketika hadir di Acara wisuda SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) yang digelar di Convention Hall Arif Rahman Hakim Surabaya, (13/06/24) Kamis.

Kehadiran Dahlan Iskan untuk kali pertama di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya tersebut karena diminta secara khusus untuk memberi sambutan dalam wisuda sarjana siang tadi. Begitu tiba, mantan Dirut PLN ini langsung disambut meriah ratusan siswa-siswi Spemma tersebut.

Dalam sambutannya, Dahlan Iskan menyampaikan pentingnya pembentukan dan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Hal itu akan mendorong para siswa mendapatkan intelektual yang bagus, sehingga termotivasi untuk semangat belajar dan meraih prestasi.

“Sebagai sekolah berbasis Islam, Spemma mampu dan membuktikan akademik maupun non-akademik kepada para siswanya. Termasuk memperhatikan pembentukan karakter siswa di sekolah.” ujarnya.

“Banyak orang pintar tapi tidak ada manfaatnya jika tidak memiliki karakter yang baik. Ibu-ibu dan wisudawan di sini memilih SMP Muhammadiyah 5 Surabaya karena merasa lebih tenang, selain mendapatkan intelektual yang baik juga mendapatkan pendidikan karakter yang kuat,” tambah Dahlan Iskan.

Dahlan Iskan pun mendorong program pertukaran pelajar atau Student Exchange yang sudah digagas Spemma selama ini agar terus berjalan, Sehingga siswa dari Spemma maupun siswa dari sekolah luar negeri bisa bertukar berbagai budaya kearifan lokal maupun musik tradisional di Indonesia.

“Saya usul jika ada siswa dari Korea Selatan maupun dari negara lain agar bisa belajar budaya di Indonesia. Termasuk jika ada relawan dari Spemma agar rumahnya mau dikunjungi dari siswa Korea Selatan yang mau belajar di sini, kerja sama dengan sekolah mancanegara juga diminta terus ditingkatkan.” pesannya.

Selain itu, prof Dahlan pun juga mengapresiasi tim paduan suara Spemma, serta siswa-siswi yang sudah berani tampil mengisi acara wisuda ini. “Saya kagum. Saya tanya salah satu murid yang ikut paduan suara ini. Latihan sampai berapa kali bisa menampilkan paduan suara yang bagus, katanya hanya satu minggu. Hebat sekali,” terangnya.

Dilain kesempatan, Kepala Humas Spemma, Miftakul Khoir mengatakan, wisuda ke-52 bertema “Mengembangkan Karakter Mulia menjadi Pemimpin Dunia” ini diikuti sebanyak 199 siswa kelas 9 yang terbagi dalam 6 kelas.

Pihak sekolah sengaja mengundang Dahlan Iskan agar bisa memberikan edukasi kepada para siswa, sehingga para siswa bisa mendapatkan ilmu sekaligus pengalaman langsung dari Dahlan Iskan.

“Alasan mengundang Dahlan Iskan karena melihat di berita sangat bagus, memberikan edukasi, ilmunya bisa disampaikan dan ditularkan ke siswa agar nanti punya gambaran tentang masa depan mereka,” jelasnya.

Khoir juga berpesan kepada para lulusan Spemma agar mampu bersaing. Sebab, dunia sudah semakin berubah dan maju seiring kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Sehingga, para lulusan dituntut harus menguasai teknologi agar menjadi generasi yang siap bersaing di Generasi Emas 2045 mendatang.

 

(nugi)

PERINGATAN !!! hak cipta dilindungi undang-undang