Jamkrindo Dorong Industri Kreatif Tanah Air

Jakarta, (INDONESIAKINI.id) – PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengambil peran penting dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tanah Air melalui sejumlah kegiatan pemberdayaan dan pendampingan.

Kali ini, Jamkrindo ikut mendorong industri kreatif dengan kembali menggelar Kelas Bisnis UMKM 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan pelaku UMKM.

Sekretaris Perusahaan Jamkrindo Aribowo mengungkapkan, melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Jamkrindo menggelar program Kelas Bisnis 2024 dengan tema ‘Creative Fashionpreneur.’

Kegiatan ini telah berlangsung selama 3 bulan dengan jumlah peserta 30 UMKM yang berasal dari industri mode dengan berbagai profesi antara lain designer, penjahit, dan pelaku usaha mode.

“Kelas Bisnis UMKM merupakan wujud nyata dari peran Jamkrindo dalam membantu UMKM meningkatkan kualitas usaha mereka melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan,” ujar Aribowo.

Melalui Kelas Bisnis UMKM, Jamkrindo berharap dapat memberikan dorongan signifikan dalam meningkatkan kompetensi dan keberhasilan para pelaku UMKM di Tanah Air.

Adapun sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta yang telah menempuh pelatihan selama 3 bulan, Jamkrindo juga mengadakan kegiatan Demo Day peragaan busana untuk memperlihatkan hasil karya yang telah dipelajari selama 3 bulan terakhir.

Peragaan busana bertemakan “Pesona Nusantara dalam Kreasi UMKM” tersebut mengangkat keindahan dan keberagaman budaya Indonesia melalui produk-produk kreatif dari para peserta pelatihan UMKM.

Selain peragaan busana, terdapat juga kegiatan lainnya antara lain Bazar UMKM, Pameran foto hasil karya Creative Fashionpreneur 2024, lelang baju karya para kelompok Kelas Bisnis UMKM, dan hiburan musik dari Dudy Oris.

”Semoga acara ini dapat menambah semangat para pelaku UMKM Mode busana mengembangkan bisnisnya,” ujarnya.

Tentang Jamkrindo, Jamkrindo merupakan perusahaan penjaminan kredit yang tergabung dalam holding Indonesia Financial Group (IFG) yang memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan non-program.

Pada penjaminan program, Jamkrindo menyediakan produk penjaminan KUR dan penjaminan KMK dalam rangka program PEN. Untuk non-program, produk penjaminan Jamkrindo adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang. Kemudian juga surety bond, customs bond, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan kredit lainnya.

(Pur/IK).

 

Penulis: Pur/IKEditor: Purwanto