UNAIR Resmi Buka PIMNAS ke-37, Dukung Kompetisi Mahasiswa Berprestasi

SURABAYA | Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-37 resmi dimulai dengan opening ceremony yang digelar di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C Universitas Airlangga (UNAIR). Seluruh peserta dari 118 perguruan tinggi di Indonesia turut hadir dalam acara pembukaan ini.

Rektor UNAIR, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, menyambut hangat kedatangan para peserta dan menegaskan kebanggaannya atas kehadiran talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia. Ia menyatakan,

“Kami bersyukur dan sangat bangga bisa melayani talenta-talenta terbaik Indonesia. Kami juga sangat senang bisa membantu dan mendukung mereka untuk terus berkembang dan mengasah prestasi.”

PIMNAS 37 menjadi ajang bergengsi bagi mahasiswa untuk berkompetisi melalui berbagai inovasi. Prof Nasih menekankan pentingnya menjaga suasana kompetisi yang sehat, adil, dan beretika demi pengembangan potensi para mahasiswa.

“Tanpa kompetisi, kita tidak akan bisa mencapai apa pun. Oleh karena itu, kita harus mendorong iklim kompetisi yang fair dan mengedepankan nilai-nilai kebaikan,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah, UNAIR berkomitmen menjadi penyelenggara yang transparan dan adil. Prof Nasih juga mengingatkan bahwa mahasiswa memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, dengan menjadikan PIMNAS sebagai momentum untuk mengasah kemampuan kepemimpinan mereka.

“Anda semua adalah calon pemimpin masa depan. Jadikan PIMNAS ini sebagai tonggak awal kepemimpinan saudara,” tambahnya.

Opening ceremony PIMNAS ke-37 juga dimeriahkan oleh penampilan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni di UNAIR, seperti UKM Seni dan Karawitan (UKTK), UKM Paduan Suara, dan UKM Airlangga Orchestra.