Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak di KPU Malng

Proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gudang Bulog di Pakisaji, Malang

MALANG, (INDONESIAKINI.Id) – Ribuan surat suara untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Malang ditemukan dalam kondisi rusak. KPU sudah mengajukan penggantian surat suara baru.
Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan setidaknya ada 2.243 surat suara yang ditemukan rusak. Terdiri dari 1.707 surat suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) tingkat DPRD Kabupaten Malang dan 536 surat suara Pileg DPRD Jawa Timur.

“Untuk surat suara rusak terdiri dari DPRD Kabupaten Malang sebanyak 1.707 surat suara dan 536 untuk DPRD Jatim,” terang Mahardika kepada detikJatim, Kamis (11/1/2024).

Mahardika mengatakan pihaknya sudah mentabulasi jumlah surat suara yang ditemukan rusak itu. Untuk kemudian disampaikan kepada pihak penyedia agar segera dikirim surat suara pengganti.

“Sudah kami tabulasi untuk disampaikan ke penyedia agar dikirimkan penggantinya. Jadwal masih menunggu konfirmasi, dipastikan dalam waktu dekat,” tegasnya.

Pelipatan dan sortir sendiri dilakukan di gudang logistik yang berlokasi di Gudang Bulog, Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Untuk Pemilu 2024, KPU Kabupaten Malang menerima 10.483.365 surat suara. “Total keseluruhan untuk 5 pemilihan sebanyak 10.493.365 surat suara,” imbuh Mahardika.

KPU Kabupaten Malang menyebut pelipatan dan sortir surat suara telah dilakukan sejak Selasa (2/1 dan pelipatan ditargetkan rampung pada 20 Januari 2024 mendatang.

“Pelipatan dan sortir surat suara dilakukan oleh 200 personel yang bekerja secara sif,” terangnya.

Surat suara yang telah dilipat dan disortir nantinya dibagikan ke 7.761 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Surat suara diperkirakan dikirim pada Februari 2024 mendatang.

“Surat suara yang kami terima kan lembaran, itu harus dilipat. Kotak suara yang kami terima kan lembaran, itu juga harus disetting. Proses itu diestimasikan dari Desember sampai Januari dan Februari harus dikirim,” pungkasnya.