Daerah  

Pelindo Sub Regional Jawa Gelar Safety Management Walkthrough di Pelabuhan Tanjung Perak

SURABAYA| Pada hari ini, Jumat (07/06/24) Pelindo Sub Regional Jawa menggelar kegiatan Safety Management Walkthrough bersama dengan manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3, Sub Holding, serta Anak dan /atau Cucu Perusahaan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak. Acara yang dibuka secara resmi di ruang VIP Gapura Surya Nusantara ini di hadiri oleh Group Head K3 dan Sistem Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Executive Director 3 Regional 3 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan para Direksi Anak / Cucu Perusahaan Pelindo Group. Kegiatan Safety Management Walkthrough ini diadakan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak khususnya Terminal Jamrud dan Terminal Gapura Surya Nusantara.

Dalam sambutannya, Ismartadianto selaku Group Head K3 dan Sistem Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mengatakan bahwa Management Walkthrough merupakan salah satu program internalisasi Budaya K3 yang diselenggarakan rutin oleh manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) guna memahami secara langsung lingkungan kerja dan fasilitas yang ada di Pelabuhan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pihak untuk saling bertukar pandangan, memberikan umpan balik, dan membahas hal-hal yang perlu ditindaklanjuti.

Kolaborasi yang erat antara Pelindo Group dilakukan untuk mencapai hasil yang optimal. “Kegiatan ini sama sekali bukan ingin mencari kesalahan maupun kekurangan dari pihak manapun, melainkan ini adalah cara manajemen untuk memperoleh peluang perbaikan bagi para manajer dan pekerja secara bersama-sama untuk mewujudkan harapan dan menemukan solusi perbaikan bagi perusahaan ke depannya” , ungkap Ismartadianto dalam sambutannya.

Sub Regional Head Jawa Regional 3 PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Bambang Hasbullah juga mengatakan bahwa Pelaksanaan K3 merupakan tanggung jawab seluruh insan Pelindo bukan hanya menjadi tanggung jawab Divisi HSSE saja. Untuk meningkatkan kesadaran K3 di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), maka dilaksanakan Management Walkthrough (MWT). “Dengan dilaksanakannya kegiatan Management Walktrough (MWT) ini, diharapkan dapat menjadi way of life, tidak hanya menjadi slogan, melainkan sebagai sebuah sistem yang memerlukan pembiasaan secara berulang-ulang agar terbentuk sebuah budaya bekerja dengan aman dan waspada” , ujar Bambang.

Management Walkthrough (MWT) tidak lepas dari peran pihak manajemen perusahaan dalam meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya implementasi K3 di lingkungan kerja. Diharapkan kegiatan ini dapat diimplementasikan mulai dari top managemen hingga seluruh insan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dapat mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan di lingkungan kerja dan menjadi agenda rutin perusahaan yang prioritas, karena sebagai garda depan pelayanan Pelabuhan didominasi oleh pekerja aktif di lapangan sehingga Budaya K3 harus menjadi pondasi yang penting untuk ditegakkan demi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja.

 

(nugi)