Pelindo Regional 3 Sub Jawa Ajak Gen-Z Banyuwangi Kenalkan Industri Kepelabuhanan

BANYUWANGI | Tahun 2024, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali mengadakan rangkaian kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), salah satunya melalui program “Pelindo Mengajar” guna mempersiapkan generasi pemimpin Indonesia di masa mendatang dan mendukung mewujudkan generasi emas Indonesia yang tangguh dan berdaya saing di tahun 2045.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada para siswa sekolah menengah tentang industri kepelabuhanan dan logistik, peran dari Kementerian BUMN dan peran Pelindo dalam rantai logistik perekonomian Indonesia, serta mengenalkan ESG khususnya aspek lingkungan melalui program daur ulang sampah plastik yang menjadi produk yang bisa digunakan kembali dan telah dijalankan oleh Pelindo.

Ini merupakan program Pelindo Mengajar Volume ke-3 dimana program tersebut telah berjalan mulai tahun 2023 di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut serentak dilaksanakan mulai tanggal 02-18 September 2024 di 13 Sekolah Menengah Atas di wilayah Pelindo Regional 3.

Kali ini kegiatan Pelindo Mengajar dilaksanakan di sekolah SMKN 1 Glagah Banyuwangi pada Rabu (04/24) dengan pemateri pengajar oleh Bambang Hasbullah selaku Sub Regional Head Jawa PT Pelindo (Persero) Regional 3 dengan didampingi tim dari Pelindo Sub Regional Jawa yang menjadi fasilitator untuk mensuseskan program tersebut.

“Kami sangat menyambut baik kehadiran PT Pelindo (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa. Pelindo Mengajar merupakan hal baru bagi siswa-siswi kami, dengan adanya kegiatan ini peserta didik dapat mengenal dunia kepelabuhanan, perkembangan BUMN Pelabuhan Indonesia, dan menambah wawasan dunia kepelabuhanan untuk siswa-siswi kami. Kami berharap dapat terus berkerjasama secara berkesinambungan untuk kemajuan SMKN 1 Glagah Banyuwangi” ujar Tofik Santoso, ST., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Glagah Banyuwangi.

SMKN 1 Glagah Banyuwangi menjadi salah satu sekolah terpilih dalam program “Pelindo Mengajar” dikarenakan sekolah tersebut terdapat beberapa kompetensi keahlian seperti Teknik Kapal, Nautika Kapal, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Jaringan Komputer, dan Teknik Konstruksi yang nantinya dapat menunjang potensi para siswa dan siswi untuk bekerja di Pelindo.

Selain itu sekolah tersebut juga memiliki keunggulan diantaranya telah menerapkan konsep ramah lingkungan untuk mendukung pendidikan karakter dan kenyamanan belajar bagi siswanya, telah meraih banyak prestasi baik di bidang akademik maupun lingkungan, dan juga telah menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta sebagai tempat praktik langsung di lapangan.

Selain disampaikan materi seputar dunia kepelabuhanan para siswa/i juga diperkenalkan mengenai core value “AKHLAK” BUMN dan tentang Hard maupun Soft skill yang dibutuhkan nantinya didunia pekerjaan. Kegiatan yang diikuti oleh 150 siswa-siswi kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tersebut didasari pada komitmen BUMN dalam menjalankan kegiatan yang memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, edukasi, lingkungan, hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya bagi masyarakat luas.

“Pelindo ingin memberikan motivasi kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan berkarir di bidang kepelabuhanan dikarenakan keahlian para siswa-siswi SMK ini sangat kami butuhkan di dunia kerja khususnya di bidang kepelabuhanan sehingga tidak menutup kemungkinan bagi para siswa yang nantinya ingin meniti karir di Pelindo, yang bisa diawali dengan program magang reguler yang selama ini telah kita berikan sosialisasi dan kesempatan agar mereka bisa diberikan pelatihan di awal sebelum mereka memasuki dunia pekerjaan yang sebenarnya”, ucap Bambang Hasbullah saat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan para siswa.

Pada kesempatan ini, Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa turut serta menyalurkan bantuan dana sebesar 25 juta rupiah untuk mendukung sarana dan prasarana sekolah yang dipergunakan untuk keperluan proses belajar mengajar siswa di sekolah dan 3 (tiga) unit Handphone untuk siswa-siswi berprestasi sekaligus sebagai hadiah pemenang games kompetisi dalam acara tersebut. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Glagah Banyuwangi, Tofik Santoso, ST., M.Pd.

Selain terdapat banyak hadiah juga disediakan 150 unit goodie bag bagi para siswa-siswi di akhir acara.

Harapannya, Pelindo Mengajar yang diselenggarakan hari ini tidak hanya memotivasi semangat belajar siswa dan menambah wawasan, tapi juga membantu mempersiapkan siswa untuk menentukan bidang kuliah dan pekerjaan di masa mendatang. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pelindo terhadap generasi muda agar mereka memilki semangat yang besar untuk berkarya, diharapkan para generasi muda ke depannya tidak lagi mengabaikan potensi yang mereka miliki justru semakin mengembangkan segala potensi dan kreativitas agar mereka menjadi generasi penerus BUMN dan mampu mengharumkan nama bangsa.