Oleh: Gregorius Cristison Bertholomeus, S.H., M.H.
Kejadian keluarga pasien yang mengamuk di RSUD dr. TC Hillers Maumere karena nomor antrean yang terlewati merupakan contoh nyata dari masalah pelayanan yang masih ada di rumah sakit ini.
Perbaikan dan pembaruan data pasien JKN yang sedang dilakukan oleh rumah sakit tampaknya berdampak pada keterbatasan pelayanan di setiap poli, sehingga memicu kemarahan keluarga pasien.
Kejadian ini bermula ketika nomor antrean keluarga pasien dibacakan oleh petugas, namun mereka belum berada di loket pada saat itu. Nomor pun kemudian dialihkan kepada pasien berikutnya, yang memicu kemarahan keluarga pasien tersebut.
Kejadian ini tentu berujung pada aksi protes keras, perusakan fasilitas rumah sakit, dan nyaris adu jotos dengan petugas keamanan yang berjaga.
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD dr. TC Hillers Maumere dan mencegah kejadian serupa di masa depan, beberapa usulan yang kiranya dapat dilakukan antara lain:
1. Meningkatkan Komunikasi
Petugas rumah sakit perlu meningkatkan komunikasi dengan pasien dan keluarga pasien untuk meminimalkan kesalahpahaman dan meningkatkan kepuasan.
Komunikasi yang efektif dapat membantu mencegah kesalahpahaman tentang nomor antrean dan prosedur pelayanan.
2. Mengoptimalkan Sistem Antrean
Sistem antrean perlu dioptimalkan untuk meminimalkan waktu tunggu dan mengurangi frustrasi pasien serta keluarga pasien.
Sistem antrean yang efektif dapat membantu memastikan bahwa pasien dan keluarga pasien dapat dilayani dengan lebih cepat dan efisien.
3. Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan dengan memprioritaskan kebutuhan pasien dan keluarga pasien.
Pelayanan yang berkualitas dapat membantu meningkatkan kepuasan pasien dan keluarganya.
4. Pelatihan Petugas
Petugas rumah sakit perlu diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam memberikan pelayanan yang baik.
Pelatihan dapat membantu petugas rumah sakit untuk lebih siap dalam menghadapi situasi yang tidak terduga dan memberikan pelayanan yang lebih baik.
Dengan adanya usulan-usulan ini, diharapkan pelayanan di RSUD dr. TC Hillers Maumere dapat meningkat dan menjadi lebih baik dari hari ini. Kejadian serupa dapat dicegah, dan pasien serta keluarga pasien dapat merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan.