FEB Unair Usung Sinergi dan Inovasi di HUT ke-63

Teks : Perayaan Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) yang ke-63 tekankan pentingnya sinergi dan kerja keras seluruh sivitas akademika dalam mencapai visi dan misi fakultas. (Dok: Instagram FEB Unair)

SURABAYA | Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) merayakan hari jadinya yang ke-63 dengan menggelar tasyakuran dihadiri ratusan undangan, termasuk rektor Unair, dosen, serta para alumni. Acara ini berlangsung di Aula Fadjar Notonegoro FEB Unair, (08/08/24) Kamis.

Dekan FEB Unair, Prof. Dr. Dian Agustia, dalam sambutannya menggarisbawahi komitmen fakultas untuk mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia, sesuai dengan moto “Excellence with Morality” yang diimplementasikan dalam karakter UNAIR HEBAT.

“Tentunya kami selalu berkomitmen dan mendorong seluruh sivitas akademika untuk terus berinovasi dan bekerja sama, menjadikan FEB Unair sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan rumah kedua yang penuh cinta dan kepedulian.” cetusnya.

Ia juga memaparkan beberapa prestasi terkini yang diraih oleh FEB Unair, salah satunya adalah pencapaian masuk ke QS Ranking by Subject.

“Prestasi yang kita raih saat ini antara lain masuk ke QS Ranking by Subject untuk Accounting and Finance, Ekonomi dan Ekonometri, serta Bisnis dan Manajemen,” jelas Prof. Dian.

“Untuk Accounting and Finance, kita meraih posisi pertama di Indonesia dan berada di peringkat 101-150 secara internasional. Ekonomi dan Ekonometri juga berada di posisi pertama di Indonesia dengan peringkat internasional 151-200. Sementara itu, untuk Business and Management Studies, kita menduduki posisi ketiga di Indonesia dan 251-300 secara internasional.” tambahnya.

Tak lupa dirinya juga berterimakasih atas kolaborasi seluruh sivitas akademika yang telah membawa FEB Unair mencapai prestasi tersebut. Dirinya menegaskan jika FEB Unair akan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, sesuai dengan target kinerja yang ditentukan oleh pemerintah.

“FEB Unair harus mampu berdaya saing internasional. Upaya kami turut mendukung peningkatan peringkat QS Unair yang tahun lalu berada di peringkat 345, dan kini naik menjadi 308. Ini adalah hasil sinergi dari seluruh sivitas akademika untuk negeri tercinta, Indonesia,” katanya.

Selain itu, Prof. Dian juga mengumumkan pembukaan Entrepreneurship Center yang kini bergabung dengan koperasi.

“Entrepreneurship Center ini bertujuan untuk menggabungkan kegiatan mahasiswa dengan proses pembelajaran ilmu ekonomi, sehingga dapat membangun koperasi pendidikan,” lanjutnya.

Ia berharap program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu meningkatkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

FEB Unair sendiri telah berkolaborasi dengan berbagai instansi seperti BULOG, Bank BRI, Sriboga, Mayora Indah, Jamu Iboe, dan Bank Indonesia untuk mengembangkan produk halal.

“Depo halal ini akan diupayakan agar seluruh koperasi di Universitas Airlangga mendapatkan produk halal, yang akan meningkatkan kualitas koperasi mereka,” pungkas Prof. Dian.

Sementara itu, Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih, menegaskan peran strategis FEB dalam mengatasi tantangan aksesibilitas dan relevansi pendidikan.

“Tentunya kami berharap kontribusi FEB Unair sejauh ini dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan dan menekan tingkat pengangguran di kalangan usia muda melalui peningkatan kemampuan kerja (employability) para lulusannya.” ujar Prof Nasih.

Puncak acara Dies Natalis ini semakin semarak dengan hiburan dari Coffeemix Dance dan pengundian door prize. Penghargaan utama berupa paket Umroh diberikan kepada dua tenaga kependidikan FEB Unair, yaitu Merina Mirzatriana, S.E., dan Rudi Premana, yang belum pernah menunaikan ibadah Umroh atau Haji. Selain itu, diumumkan juga pemenang dari Fun Game yang menambah keseruan acara.

 

(nugi)