Cak Imin Janji Perpanjang Dana Otsus Aceh Sampai Kiamat, Tapi Bukan Dinikmati Pejabat !

Foto : Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar di Pondok Pesantren Darul Ihsan Abu Krueng Kalee, Siam, Darussalam, Aceh Besar, Selasa (05 Desember 2023).

BANDA ACEH (INDONESIAKINI.id) – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berjanji akan memperpanjang dana otonomi khusus (Otsus) Aceh yang bakal berakhir 2027.

Ia menyatakan, dana Otsus masih diperlukan untuk membantu pembangunan masyarakat Aceh.“Kita ingin dana otonomi khusus Aceh yang akan berakhir 2027 kita akan perpanjang lagi,” ujar Cak Imin di Banda Aceh, Selasa (05 Desember 2023).

“Karena, dana otonomi khusus Aceh ini menjadi kebutuhan, proses, penguatan kemajuan masyarakat Aceh,” sambung dia.Ia menekankan, dana otonomi khusus harus dipastikan benar-benar sampai ke masyarakat.“Tentu saja tata kelolanya akan kita kontrol agar langsung dinikmati rakyat bukan dinikmati pejabat, ini yang akan kita upayakan,” sebut dia.

Ia menyatakan, jika dalam perjalanannya dana otonomi khusus benar-benar bisa membantu pembangunan secara optimal, maka dana tersebut akan diperjuangkan secara permanen.“Kalau bisa terbukti dinikmati oleh rakyat, maka bukan hanya sampai jangka tertentu, kita perpanjang sampai kiamat,” imbuh dia.

Diketahui setelah perjanjian damai MoU Helsinki 2005, Aceh mendapatkan dana otsus Aceh.Dana itu mulai diberikan sejak 2008 dan berakhir sampai dengan 2027.Sampai 2022, besaran dana otsus yang diterima Aceh dari Pemerintah Pusat sebesar 2 persen dari total Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional.

Namun, mulai 2023 sampai 2027, besaran dana otsus Aceh berkurang menjadi satu persen dari total DAU nasional.Menurut Cak Imin, dana Otsus akan diperpanjang hingga kiamat bila terbukti dinikmati oleh rakyat.“Program khususnya tentu kita ingin dana otonomi khusus Aceh yang akan berakhir 2027 kita akan perpanjang lagi,” kata Cak Imin usai berziarah ke makam ulama Aceh Syiah Kuala di Banda Aceh, Selasa (5/12/2023).

Ketua Umum PKB itu mengatakan, dana Otsus tersebut menjadi kebutuhan untuk proses penguatan kemajuan masyarakat Aceh.Bila pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terpilih, katanya, dana tersebut akan diperpanjang dan tata kelolanya diperbaiki.Cak Imin menginginkan dana Otsus benar-benar dinikmati rakyat bukan pejabat.

Bila terbukti dimanfaatkan rakyat, dana itu disebut diperpanjang tanpa batas waktu.“Tentu saja tata kelolanya akan kita kontrol supaya langsung dinikmati rakyat, bukan dinikmati pejabat, ini yang akan kita upayakan,” jelas Cak Imin.“Kalau bisa terbukti dinikmati oleh rakyat maka bukan hanya sampai jangka tertentu, kita perpanjang sampai kiamat,” sambungnya disambut tepuk tangan pendukungnya.

Cak Imin mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar pada Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 09.00 WIB. Dia disambut ketua partai koalisi serta tim pemenangan.Dari bandara, Cak Imin singgah di warung kopi Sareng yang berada di Lambaro, Aceh Besar. Rombongan singgah untuk sarapan dan menikmati kopi pagi. Cak Imin tampak menikmati segelas sanger, nasi gurih serta ayam tangkap.

Ketua Umum PKB itu sempat mempromosikan kuliner khas Aceh yang wajib dicoba saat berkunjung ke Serambi Mekkah.“Jangan pernah hadir ke Aceh kalau nggak ngopi dulu, karena ngopi itu setengah dari kewajiban yang harus diikuti,” kata Cak Imin.Selanjutnya, Cak Imin berziarah ke Makam Syiah Kuala di kawasan Lamdingin Banda Aceh. Sosok Syeikh Abdurrauf bin Ali Al Fansury, katanya, dikenal sebagai mufti hingga pimpinan Kerajaan Aceh Darussalam.Berdasarkan agenda, Cak Imin berkunjung ke Dayah Darul Ihsan Krueng Kale, Siem, Darussalam, Aceh Besar.

Dari sana, Cak Imin akan menghadiri maulid akbar di Dayah Darul Munawwarah, Kuta Krueng, Ulee Glee, Pidie Jaya.Di sana juga akan dipeusijuek (tepung tawari) oleh ulama sepuh Abu Kuta Krueng, Abu Mudi, Abu Langkawi, Waled Nu, dan ulama kharismatik lainnya.Cak Imin juga akan mengikuti salawat ‘AMIN’ dan orasi politik di Stadion Bola Kaki Krueng Mane, Aceh Utara pada malam hari.

Saksikan Video Mengenai Ucapan (Janji) Cak Imin|Cawapres No.Urut 1 : ⬇️