Sumsel  

Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih

PALEMBANG (INDONESIAKINI.id) – Menurut rencana, Jokowi akan meresmikan ruas tol yang merupakan bagian dari proyek Trans Sumatera. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut, bahwa Jokowi sendiri yang akan melakukan peresmian.

“Mungkin hari Kamis nanti, dari Palembang langsung ke Indralaya-Prabumulih,” ungkap Basuki.

Pasca diresmikan Jokowi nanti, dengan demikian, Tol Indralaya-Prabumulih secara otomatis akan segera berbayar. Karena, sejak dioperasikan pada 30 Agustus 2023, beroperasi tanpa tarif.

PT Hutama Karya juga akan menutup sementara tol Indralaya Parabumulih dari semalam pukul 23.59 hingva pukul 18.00 hari ini 26 Oktober 2023. Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan sistem transaksi di jalan tol Indralaya-Prabumulih. Petugas akan melakukan perawatan pada mesin peralatan top sebelum diresmikan.

Sebelumnya, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Triono Junoasmono menerangkan, bahwa tarif per kilometer sebesar Rp1.300.

Jalan Tol ini melewati wilayah Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi 2 Simpang Susun.

Panjang tol ini terbagi menjadi 2 Seksi, dimana untuk Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 64.50 kilometer, dan Seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54 Kilometer.

Selain itu tol ini terdapat 1 Gerbang Tol, dan 1 TIP (Rest Area) Tipe A. Dengan adanya tol ini, jarak dari Palembang ke Prabumulih cukup 1 jam saja.

Penulis : Dede Apriadi