Unik, TPS di Jatipamor Majalengka Bertema Kolosal

MAJALENGKA (INDONESIAKINI.id) – Tempat Pemungutan Suara atau TPS 002 di Desa Jatipamor, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terlihat menarik. Pasalnya TPS unik di Majalengka ini menghadirkan penataan yang mengingatkan pada suasana drama kolosal.

Nuansanya pun seolah berada dalam zaman kerajaan, warga yang datang hendak menyalurkan suara di TPS unik tersebut disambut oleh petugas yang berpakaian layaknya seorang punggawa, berdiri di antara gada-gada gerbang dengan tangan memegang tombak dan perisai.

Tombak dan perisai yang dipegangnya bukanlah sekadar atribut, namun bak sebuah simbol keamanan dan ketegasan dalam menjalankan proses demokrasi.

Begitupun petugas lain TPS unik di Majalengka ini juga turut memperkuat kesan kolosal. Penampilannya dirias dan mengenakan pakaian yang menggambarkan seorang tetua atau mpu berambut putih dengan busana dan aksesoris yang khas.

“Terasa seperti masuk ke dalam film kolosal, sangat menarik,” ujar Ahmad, salah seorang warga yang turut hadir dalam TPS tersebut, Rabu (14/2/2024).

Hal yang dirasakannya pun seakan lebih dari sekadar sebuah pemilihan, namun juga sebuah perayaan kebersamaan yang memunculkan nilai kebanggaan terhadap kekayaan budaya.

Menurutnya, penataan yang terdapat di TPS 002 menjadi sebuah simbol bahwa pemilihan tidak hanya tentang menentukan pilihan politik, melainkan juga menyampaikan pesan tentang pentingnya memperkuat identitas budaya melalui pengalaman partisipatif dalam proses demokrasi.

Sementara itu, tak jarang warga yang menunggu giliran pemanggilan untuk memasuki bilik suara, terlihat asyik berswafoto dengan petugas yang berpakaian seperti punggawa maupun di area TPS dengan spot berlatar kolosal, sehingga menambah kesan meriah jalannya Pemilu di Desa Jatipamor, Kabupaten Majalengka ini.