Program TMMD Reguler 120, Menyulut Harapan dan Kehidupan Baru di Kabupaten Kotawaringin Timur

Oplus_0

Kotawaringin Timur,(INDONESIAKINI.id) РDi tengah riuh rendah suara mesin dan langkah kaki para prajurit TNI AD, sebuah transformasi  besar sedang terjadi. Desa-desa di Kabupaten Kotawaringin Timur kini dipenuhi dengan semangat pembangunan berkat program TMMD Reguler 120 Tahun 2024 yang dipimpin oleh Kodim 1015/Sampit bersama Pemerintah Kabupaten Kotim. Program terpadu ini bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur fisik, tetapi juga untuk menyulut harapan baru di antara warga yang telah lama mendambakan kehidupan yang lebih sejahtera.

Sinergi TNI dan Pemkab Kotim, Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

TMMD Reguler 120 merupakan program kolaboratif antara TNI, khususnya TNI Angkatan Darat, dan pemerintah daerah, yang berfokus pada percepatan pembangunan di daerah. Di Kabupaten Kotawaringin Timur, sinergitas antara Kodim 1015/Sampit dan Pemkab Kotim mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan, terutama di daerah pedesaan.

“Pembangunan fisik adalah salah satu sasaran utama kami, tetapi lebih dari itu, kami ingin membina keamanan wilayah dan memperkuat hubungan antara TNI dan rakyat,” kata Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata, S.A.P., M.han, Komandan Dandim 1015/Sampit sekaligus Dansatgas TMMD Reguler 120.

Program TNI Manunggal Air, Menyediakan Sumber Kehidupan

Salah satu program unggulan yang dihadirkan dalam TMMD Reguler 120 adalah “TNI Manunggal Air”. Program ini merupakan inisiatif dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang bertujuan untuk menyediakan air bersih melalui pipanisasi ke rumah-rumah warga di Kelurahan Tanah Mas dan Kelurahan Baamang Hulu.

 

“Air adalah kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup, dan kami melihat betapa pentingnya memastikan ketersediaan air yang bersih dan aman bagi masyarakat,” jelas Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata. “Dengan program pipanisasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu mereka dalam mengatasi krisis air yang kerap melanda daerah ini.”

Meningkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi Lokal

Tidak hanya air bersih, TMMD Reguler 120 juga berfokus pada pembangunan infrastruktur lainnya seperti badan jalan, jembatan, dan drainase. Pembangunan ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian lokal dengan memudahkan mobilitas dan transportasi hasil pertanian serta produk lokal lainnya. Infrastruktur yang baik juga diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan jumlah penduduk dan mencegah masalah lingkungan seperti banjir dan erosi.

 

“Program ini adalah salah satu cara kami untuk melestarikan lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kami ingin memastikan bahwa pembangunan yang kami lakukan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi warga,” ujar Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata.

Menjaga dan Merawat Fasilitas yang Ada

Dansatgas TMMD Reguler 120 mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun. “Setelah ini dibangun, tahap selanjutnya adalah bagaimana masyarakat bisa menjaga dan merawatnya agar fasilitas air bersih ini dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat,” tambahnya.

Kepedulian TNI terhadap Masyarakat

Komitmen TNI dalam membantu masyarakat tidak berhenti di pembangunan infrastruktur. Melalui bakti sosial dan berbagai program pemberdayaan, TMMD Reguler 120 juga berusaha mengurangi angka stunting dengan memberikan bantuan gizi kepada keluarga yang membutuhkan.

 

“Berangkat dari kepedulian kami kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang rentan krisis air, Kodim 1015/Sampit hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan dengan mencarikan solusi yang tepat,” pungkas Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata.

Harapan yang Menyala di Kotawaringin Timur

TMMD Reguler 120 bukan hanya sekadar program pembangunan. Ia adalah simbol harapan yang menyala, mencerminkan kerja keras dan kolaborasi antara TNI dan masyarakat. Dengan setiap tetes keringat yang mengalir dan setiap batu yang diletakkan dan paku yang ditancapkan, Desa-desa di

Kabupaten Kotawaringin Timur semakin mendekati impian mereka akan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Melalui sinergi yang kuat dan komitmen yang tak tergoyahkan, masa depan yang lebih cerah kini terhampar di depan mata.

 

(@pur)