Industri Percetakan Melonjak : Surabaya Printing Expo 2024 Dorong Inovasi dan Omzet

CEO Krista Exhibitions Daud D. Salim (tengah) saat konferensi pers pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 di Grand City Convex Hall Surabaya, Senin (8/7/2024).

SURABAYA | Industri percetakan dan grafika Indonesia telah berkembang cukup pesat dan telah memiliki kontribusi yang cukup besar menciptakan stabilitas ekonomi nasional. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat optimisme pelaku usaha untuk 6 bulan ke depan tetap stabil pada 73,5% atau sama dengan optimisme bulan sebelumnya.

Adapun subsektor yang paling optimistis dalam 6 bulan ke depan diantaranya industri percetakan. Di awal tahun 2024 ini, Momentum Pemilihan Umum (Pemilu), para pelaku usaha percetakan mengalami peningkatan pesanan yang luar biasa dan kebutuhan akan produk cetakan, terutama spanduk dan brosur, tidak hanya menciptakan gelombang pekerjaan baru tetapi juga mendongkrak omzet perusahaan percetakan di seluruh negeri, sehingga potensi yang besar bagi industri percetakan Indonesia.

Krista Exhibitions sebagai penyelenggara Pameran bertaraf International menggelar pameran di bidang mesin-mesin percetakan seperti mesin cetak/offset, cetak digital, cetak tekstil, sablon, jasa cetak, alat-alat cetak terkini dan penyediaannya serta teknologi percetakan yang mutakhir dan terbesar di Indonesia Timur, yaitu

Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 yang akan berlangsung 11-14 Juli 2024 di Grand City Convex Hall Surabaya.

CEO Krista Exhibitions Daud D. Salim mengungkapkan, gelaran pameran SPE tahun ini meningkat 20% dari sebelumnya, baik dari segi jumlah maupun teknologi printing yang dihadirkan.

Untuk ke 17 kalinya pameran SPE ini digelar berkolaborasi dengan berbagai organisasi dan asosiasi, para pakar serta pengusaha di bidang percetakan bertaraf nasional maupun internasional turut melibatkan 230 perusahaan peserta, diantaranya 10 UMKM.

“Kami optimis dapat mendatangkan 15.000 pengunjung selama 4 hari pameran, yang merupakan para pelaku bisnis di industri percetakan dan pameran ini adalah peluang yang baik bagi para pengusaha grafika agar lebih termotivasi untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk unggulan dengan mesin berteknologi canggih serta berdaya saing tinggi dengan produk-produk luar negeri,” katanya saat konferensi pers, Senin (8/7/2024).

Ahmad Mughira Nurhani, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) mengatakan, kebutuhan akan produk percetakan secara digital akan terus berkembang disegala bidang perekonomian dewasa ini. Dan telah banyak mengalami pergeseran yang menjadi tantangan bagi produk-produk bisnis konvensional.

“Namun akan menjadi peluang bagi yang dapat menangkap dan memanfaatkannya perkembangan teknologi terkini tersebut secara kreatif. Demikian pula perkembangan dunia grafika semakin bertambah maju dan dinamis. Mesin-mesin cetak pun telah mengikuti trend digitalisasi dalam pengoperasionalannya,” ujar Ahmad.

Dijelaskannya, di era digital saat ini, kebutuhan akan barang cetakan yang berkualitas tinggi dengan proses pekerjaan yang makin mudah dan cepat serta akurat, adalah pilihan yang harus diambil pelaku bisnis percetakan.

“Harapan kami, dengan adanya Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 ini, para pengusaha grafika nasional dapat selalu mengupdate diri dan fasilitas peralatan mesin-mesin grafikanya serta mengambil manfaatnya untuk dapat bertambah maju dan bersaing secara sehat ditengah-tengah perkembangan ekonomi di Indonesia yang diharapkan akan terus membaik,” ujar Ahmad.

Pameran SPE 2024 ini juga akan menyuguhkan segala jenis teknologi cetak mencetak terkini mulai dari skala kecil, menengah, dan besar dengan berbagai teknologi percetakan, seperti cetak digital, cetak sablon, cetak Offset, cetak garment, cetak tekstil, mesin cutting, mesin finishing, cetak 3D, label, dan tinta.

Bukan itu saja. berbagai acara dan seminar menarik pun akan meramaikan 4 hari pameran ini seperti Workshop dan Seminar menarik dari Asosiasi PPGI dengan tema “Workshop Packaging dan Branding UMKM” dan “Tend Inovasi dan Bisnis Desain dalam Industri Cetak”, Seminar dari Media Print Pack Magazine dengan tema “Ai dan Bisnis Percetakan di Indonesia, Tren dan Solusinya”.

Pameran ini terbuka oleh pelaku bisnis dan masyarakat mulai pukul 10.00 WIB – 19.00 WIB. Para pengunjung dapat melakukan registrasi online di link https://register.kristaonline.com/visitor/surabayaprintingexpo atau registrasi langsung dilokasi pameran dan Temukan kebutuhan printing untuk usaha kalian di pameran Printing terbesar dan terlengkap di Surabaya!.

 

(nugi)