PLN Sukses Jaga Keandalan Pasokan Listrik Putaran Pertama Final Four Proliga 2024

SURABAYA | PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur jaga keandalan pasokan listrik event nasional, Final Four Proliga 2024 Putaran 1 di Stadion Gelora Bung Tomo pada 4 – 7 Juli 2024. Dalam acara tersebut, PLN berkoordinasi dengan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya untuk memastikan keandalan kelistrikan selama gelaran acara.

Untuk mendukung kelancaran pertandingan, PLN menyiapkan beberapa peralatan dan tim pendukung, termasuk Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas 630 kVA, 2 buah Uninterruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 250 kVA, dan Mini SCADA mobile. Peralatan ini berfungsi untuk memonitor kondisi kelistrikan secara real-time, mulai dari Gardu Induk hingga sisi Instalasi Milik Pelanggan (IML). Dengan adanya Mini SCADA mobile, tim teknis PLN dapat memantau dan mengatasi potensi gangguan listrik dengan cepat dan tepat.

“Untuk mendukung perhelatan nasional, 22 personel kami terus bersiaga dengan dilengkapi peralatan dan Mini SCADA mobile untuk memastikan kelancaran pasokan listrik selama acara berlangsung,” ujar General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo.

PLN menggunakan skema pengamanan dua lapis, yang pertama yakni dari penyulang Gelora Bung Tomo, dan suplai cadangan berasal dari penyulang Gardu Hubung Tandono dan penyulang Randu Padangan. Sebelumnya, PLN juga mengamankan gelaran Proliga Putaran I dan II di Gresik pada 16 hingga 19 Mei 2024 dan di Malang pada 13 hingga 16 Juni 2024.

Kepala Dispora Pemkot Surabaya, Hidayat Syah memberikan apresiasi tinggi kepada PLN atas dukungan dan kesiapan yang telah ditunjukkan.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN yang telah bekerja keras untuk memastikan pasokan listrik selalu andal selama acara berlangsung. Dukungan ini sangat penting bagi kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan pertandingan,” katanya.

 

(nugi)