Opening Surabaya Printing Expo 2024 : Pameran Internasional Dorong Transformasi Industri Percetakan

SURABAYA | Industri percetakan kemasan makanan dan minuman, percetakan promosi, iklan, serta percetakan tekstil dan pakaian sedang mengalami transformasi signifikan dan diproyeksikan akan terus tumbuh, memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional.

Kontestasi politik seperti Pemilu pada Februari dan Pilkada pada November 2024 merupakan faktor pendorong peningkatan, memberikan dampak positif yang ditandai dengan peningkatan penjualan mesin percetakan digital serta bisnis reklame periklanan seperti baliho, sablon digital, dan cetakan stiker.

Krista Exhibitions, penyelenggara pameran bertaraf internasional terbesar di Indonesia Timur, resmi membuka Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 di Grand City Mall Surabaya mulai hari ini, 11 Juli, hingga Minggu, 14 Juli 2024. Pameran ini menampilkan mesin cetak/offset, cetak digital, cetak tekstil, sablon, jasa cetak, alat-alat cetak terkini, dan teknologi percetakan mutakhir.

Daud D. Salim dalam sambutannya berharap pameran SPE selama empat hari ini dapat meningkatkan industri percetakan di Indonesia. “Ini merupakan peluang yang baik bagi para pengusaha grafika untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk unggulan,” ujarnya.

Daud menambahkan, pameran ini melibatkan 230 perusahaan dan 10 UMKM, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya baik dari segi jumlah maupun teknologi printing yang dihadirkan. “Pameran ini menyuguhkan segala jenis teknologi cetak mencetak terkini, dari skala kecil hingga besar. Selain pameran, juga ada seminar dan workshop agar pelaku industri selalu terupdate dengan perkembangan terbaru,” ungkapnya.

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) Ahmad Mughira Nurhani mengatakan, pameran SPE adalah acara wajib bagi para pengusaha di bidang grafika. “Kehadiran penyedia jasa dan peralatan grafika akan memberikan wawasan dalam membuat rencana bisnis ke depan,” ujarnya.

Rangkaian Surabaya Printing Expo 2024 mencakup berbagai workshop dan seminar menarik, seperti Workshop Packaging & Branding UMKM dari asosiasi PPGI, seminar AI & Bisnis Percetakan dari Media Print Pack Magazine, dan seminar Menggali Potensi Bisnis Cetak Kemasan dari Komunitas Printing Indonesia (KOPI).

Kesuksesan Pameran SPE 2024 didukung oleh berbagai kementerian, asosiasi, dan institusi, termasuk Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya, KADIN, PPGI, KOPI, dan ASPERAPI.

Pameran ini terbuka bagi pelaku bisnis dan pengusaha di bidang percetakan serta masyarakat umum mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Pengunjung dapat registrasi langsung di lokasi pameran dengan membawa kartu nama dan undangan dari Krista Exhibitions atau registrasi online di (https://register.kristaonline.com/visitor/surabayaprintingexpo).

Pengunjung anak-anak di bawah usia 17 tahun dilarang masuk ke area pameran. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Kristamedia di (021) 634 5861 / 634 5862 atau email ke [email protected].

 

(nugi)