Pegadaian Kanwil XII Surabaya Dorong Sertifikasi Halal Lewat Pelatihan Juru Sembelih

SURABAYA | Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) XII Surabaya bekerja sama dengan Yayasan Prof Haji Mohammad Bisri dan Komunitas Juru Sembelih Halal (Juleha), menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Juru Sembelih Halal pada 26 Agustus hingga 1 September 2024.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 18 peserta yang menjalani pelatihan intensif serta sertifikasi, dengan kehadiran beberapa tamu undangan seperti asesor dan perwakilan dari Komunitas Juleha yang digelar di ruang aula PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, jalan Dinoyo no 79 Surabaya.

Deputy Operasional PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, Surjo Rahardjo, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara tersebut.

“Alhamdulillah, kita dapat berkumpul dalam acara pelatihan dan uji kompetensi juru sembelih halal ini. Pelatihan ini merupakan bukti nyata komitmen PT Pegadaian dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya Pilar Ke-8, yaitu ‘Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi’,” jelasnya.

Suasana peserta pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) yang diikuti 18 peserta semuanya menjalani pelatihan intensif serta sertifikasi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa melalui pelatihan ini, Pegadaian berharap dapat memastikan bahwa setiap produk makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

“Proses penyembelihan yang halal sangat penting karena berkaitan langsung dengan kehalalan konsumsi kita sehari-hari,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Surjo Rahardjo juga menyampaikan jika PT Pegadaian siap mendukung peserta yang membutuhkan modal usaha melalui produk-produk keuangan yang ditawarkan Pegadaian, seperti gadai atau pinjaman usaha.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini kami (PT Pegadaian) berharap seluruh peserta dapat mengikuti uji kompetensi dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan.” tambahnya.

Sebagai informasi, Pelatihan ini mencakup berbagai sesi, termasuk penyampaian materi terkait prinsip-prinsip halal dalam proses penyembelihan, praktik penyembelihan ayam dan sapi yang dipandu langsung oleh para asesor, serta penilaian akhir bagi peserta.

Sertifikat diberikan kepada peserta yang telah memenuhi standar penyembelihan halal sesuai syariah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kepatuhan dalam penyembelihan halal, sekaligus mendukung pertumbuhan industri halal di Indonesia.

Acara ini menjadi salah satu upaya nyata PT Pegadaian dalam memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor industri halal.