Rekor Baru, 22 Juta Lebih Penumpang Gunakan Commuter Line Selama Angleb 2025

SURABAYA – Masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April telah berakhir dengan sukses. KAI Commuter mencatat lonjakan signifikan sekaligus rekor baru dalam jumlah pengguna Commuter Line di berbagai wilayah operasional.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus menyampaikan bahwa selama periode Angleb 2025, KAI Commuter melayani lebih dari 22 juta pengguna, naik 5% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatat 21 juta pengguna.

“Capaian ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta, khususnya Commuter Line, sebagai moda utama selama musim mudik dan arus balik,” kata Joni, Selasa (15/4/2025).

Di wilayah Jabodetabek, volume pengguna mencapai lebih dari 18,6 juta, naik 4% dari tahun 2024 yang tercatat 17,9 juta pengguna. Commuter Line Merak melayani hampir 295 ribu penumpang (naik 2%), dan Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) mencatat lebih dari 141 ribu pengguna.

Peningkatan signifikan juga terjadi di beberapa wilayah lain:

Wilayah 2 Bandung: Hampir 1,34 juta pengguna (naik 14%)

Wilayah 6 Yogyakarta: Hampir 644 ribu pengguna (naik 8%)

Wilayah 8 Surabaya: Hampir 989 ribu pengguna (naik 13%)

Selama Angleb 2025, KAI Commuter juga mencetak sejumlah rekor harian:

1. Commuter Line Yogyakarta – Palur: 45.502 pengguna (3 April 2025)

2. Wilayah 2 Bandung: 83.700 pengguna (2 April 2025)

3. Wilayah 8 Surabaya: 53 ribu pengguna (6 April 2025)

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Commuter mengoperasikan rata-rata 1.291 perjalanan per hari, termasuk penambahan:

3 perjalanan Commuter Line Yogyakarta – Palur (total 34 perjalanan)

2 perjalanan Commuter Line Basoetta (total 64 perjalanan)

Ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan Commuter Line selama Angleb mencapai rata-rata 99%.

Untuk mendukung keamanan dan kenyamanan, KAI Commuter menurunkan lebih dari 4.200 petugas pengamanan, 145 petugas kesehatan, serta 2.000 petugas layanan pengguna. Beragam fasilitas tambahan juga disediakan seperti toilet, tenda tunggu, charging booth, air minum gratis, dan layanan lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan pengguna selama Angkutan Lebaran. Kami akan terus berkomitmen mendukung gaya hidup masyarakat urban melalui transportasi perkotaan yang andal,” tutup Joni.