Luncurkan The Gade Creative Lounge, Pegadaian Ciptakan Ruang Belajar Modern Support Anak Muda Berkreasi

SURABAYA | PT Pegadaian meluncurkan The Gade Creative Lounge (TGCL) ke-16 di Universitas Sriwijaya pada 23 Februari 2024 dan disusul gerai TGCL ke-17 di Universitas Sam Ratulangi pada 24 Februari 2024.

Untuk diketahui, The Gade Creative Lounge milik PT Pegadaian jadi sebuah ruang belajar kolaboratif modern untuk memfasilitasi pertukaran ide, inovasi, dan kreativitas di kalangan mahasiswa, dosen, hingga peneliti di berbagai universitas yang tersebar se-Indonesia.

Selain itu, fasilitas ini juga bagian dari praktik environmental, social and governance (ESG) PT Pegadaian yang berprinsip sosial untuk mendukung dan mengembangkan bakat kreatif di lingkungan akademik sebagai bentuk penerapan TPB/SDGs nomor 4 pendidikan berkualitas.

The Gade Creative Lounge menawarkan berbagai fasilitas seperti ruang kerja bersama, ruang komputer, sudut UMKM, hingga panggung. Istimewanya, mereka menyediakan ruang untuk difabel yang dilengkapi handrail serta toilet ramah untuk memudahkan. Ini menjadi bukti PT Pegadaian serius untuk meningkatkan inklusivitas pendidikan bagi seluruh civitas akademika universitas di Indonesia.

“Kami percaya The Gade Creative Lounge di Universitas Sriwijaya dan Universitas Sam Ratulangi akan menjadi pusat inovasi dan kreativitas. Bahkan, bermanfaat di seluruh Indonesia. Kami mengundang seluruh komunitas kampus untuk memanfaatkan fasilitas dan berkolaborasi dalam menciptakan solusi kreatif untuk tantangan masa depan,” ucap Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial PT Pegadaian Rully Yusuf di Kantor Pusat Pegadaian Jakarta, Senin (05/02/2024).

The Gade Creative Lounge milik Pegadaian untuk anak muda se-Indonesia berkreativitas. (Foto: dok Pegadaian)
The Gade Creative Lounge milik Pegadaian untuk anak muda se-Indonesia berkreativitas. (Foto: dok Pegadaian)

Sesuai dengan flagship PT Pegadaian yakni The Gade Generation, sebelumnya menggelar event tahunan untuk mendukung sociopreneur kampus di sepuluh titik The Gade Creative Lounge se-Indonesia melalui rangkaian kegiatan The Gade Sociopreneurship Challenge yang dilaksanakan pada Oktober-Desember 2023. Melalui berbagai kegiatan dan media, Pegadaian terus menguatkan kemampuan dan kapabilitas mahasiswa se-Indonesia agar dapat menjadi generasi yang semakin baik dari generasi sebelumnya.

Sementara itu, Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah menyampaikan fasilitas ini akan membuka peluang lebih banyak dalam bidang inovasi dan kolaborasi yang dapat memajukan generasi muda.

“Kami yakin The Gade Creative Lounge jadi wadah kreativitas, inovasi, hingga kolaborasi anak muda. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, adanya The Gade Creative Lounge akan memberikan solusi nyata baik secara edukatif, sosial, maupun finansial bagi mahasiswa, komunitas, hingga masyarakat luas. Kami berharap bangunan The Gade Creative Lounge ke depannya dapat tersedia pada tiap provinsi se-Indonesia,” ungkap Eka.

Saat ini The Gade Creative Lounge hadir di lima belas universitas lainnya, yakni Universitas Brawijaya (1), Institut Pertanian Bogor, Universitas Pakuan, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Gadjah Mada. Selain itu, juga di Universitas Sumatera Utara, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya (2), Universitas Andalas, Universitas Mulawarman, Universitas Mataram, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Hasanuddin.

 

(nugi)