Lebih Dekat Untuk Masyarakat, YKPP Resmikan Klinik Pratama Pegadaian Permata di Surabaya

SURABAYA | PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya secara resmi menggelar Grand Opening Klinik Pratama Pegadaian Permata, berlokasi di Jl. Dinoyo No. 79, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya.

Di Grand Opening Klinik Pegadaian Permata di Surabaya kali ini turut dihadiri Moli Sitompul selaku Perwakilan dari divisi OHC PT Pegadaian Pusat, Moh. Ariyadi Purwanto selaku Pimpinan wilayah PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, Nuril Islamiah selaku ketua YKPP (Yayasan Kesejahteraan Pegadaian. Permata), dr Syaiful Arifin selaku medical Manager medical Pegadaian, dr.Carissa Putri Irnanda MARS selaku Occupational Healt Manager, Dokter penanggung jawab Klinik Pratama Pegadaian Permata Surabaya, Perwakilan Dinas kesehatan kota Surabaya, dr Murti selaku Puskesmas dr Soetomo, Kapolsek Tegalsari, tamu undangan dari relasi anak perusahaan PT Pegadaian, PT POJ, PT PIJ, PT EPS, G24 dan The Gade.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata (YKPP), Nuril Islamiah menjelaskan, Klinik Pratama Pegadaian Permata ini merupakan salah satu implementasi bidang kesehatan bagian dari Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata.

“YKPP ini merupakan yayasan yang bergerak pada kesejahteraan dan kesehatan, maka harus punya klinik, salah satunya di sini. Kita grand opening hari ini, kita jalankan secara operasional dengan matang, di sini juga sudah ada manager dan kepala klinik,” ucap Nuril saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan. Rabu, (06/3/2024).

Intinya fungsi Pegadaian cuman dua, lanjut Nuril, pertama cari duit berupa kinerja, tahun kemarin Pegadaian berhasil mengumpulkan pertumbuhan laba hampir Rp 4 triliun lebih. Kedua fungsi sosial kepada masyarakat, termasuk melalui Klinik Pratama dari segi bidang kesehatan.

“Pegadaian juga mencari nama baik, memastikan kita hadir di tengah-tengah masyarakat, meningkatkan citra kita, dan soal Klinik Pratama, bidang kesehatan ini punya Pegadaian, tentang operasional, nanti bisa dijelaskan manager,” tambahnya.

Target Klinik Pratama, Nuril berharap, tahun ini dan kedepannya, ada semuua klinik di tiap Kanwil. Pihaknya sudah membicarakan dengan semua Direksi, dapat ‘lampu hijau’ dari pimpinan. Maka tahun ini dan ke depannya, bisa terwujud sesuai arahan bersama dari pimpinan.

“Ke depan, cita-cita saya, klinik ini menjadi rumah sakit, lihat perkembangan yang ada, dan kesiapan kami, dokter sudah siap bergerak di kesehatan, banyak hal kita siapkan, kita paralelkan hadir terlebih dahulu di tengah-tengah masyarakat di kota Surabaya, ada faskes berupa klinik milik Pegadaian,” tuturnya.

Dilain kesempatan yang sama, Medical Manager Klinik Pratama Pegadaian Permata, dr. Syaiful Arifin menegaskan, sebelumnya Klinik Pratama sudah melakukan Soft Opening beberapa waktu lalu. Kali ini melakukan Grand Opening, berkat respon internal pegawai Pegadaian dinilai bagus.

“Dengan grand opening ini, kita melakukan bersama masyarakat, tidak hanya fokus pada bisnis tapi juga sosial. Kegiatan sosial sudah kita lakukan, itu pun sesuai arahan Yayasan. Banyak program sosial yang sudah kita jalankan, seperti sunat massal, pengobatan gratis pada anak dan lansia, insyallah tiap tahun terus kita lakukan,” tegas dr. Arifin.

Untuk pasien BPJS, kata dokter Arifin, Klinik Pratama Pegadaian Permata tetap melayani, baik yang asuransi maupun umum.

Senada dengan dr. Arifin, Occupational Healt Manager Klinik Pratama Pegadaian Permata Surabaya dan se-Jatim, dr. Carissa Putri Irnanda, MARS. mengungkapkan, klinik tersebut waktuoperasional dibuka pada hari Senin-Jumat, dari pukul 08.00-17.00 WIB.

“Tapi kalau ada keadaan emergency, apapun kita bisa tetap terima, kita ada WhatsApp yang bisa dihubungi kapan pun, kalau misalnya butuh emergency. Kita nanti juga ada ambulance, ambulance itu juga bisa untuk emergency, sebenarnya, ya kapan saja bisa menghubungi. Kami 24 jam. Klinik Pratama Pegadaian Permata ini ada tiga dokter umum, satu dokter gigi, ada dua perawat dan bagian administrasi,” ujar Penanggungjawab dan Dokter Umum klinik tersebut.

Terakhir, mengenai IGD, UGD, kata dr. Carissa, penanganan awal pada faskes pertama, misal faskes Klinik Pratama Pegadaian Permata dibutuhkan pelayanan lebih advance, pihaknya juga akan membantu merujukkan ke rumah sakit.

Sebagai informasi, YKPP juga melaksanakan kegiatan bakti sosial seperti Vaksinasi influence kepada 100 orang pegawai PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, pemeriksaan gratis untuk 100 orang masyarakat umum seperti konsultasi dokter, tekanan darah, pemeriksaaan asam urat, kolesterol dan gula darah, dan menggelar seminar kesehatan.

 

(nugi)